Peringati HUT Damkar ke 99, Ayat; Damkar Selalu Menjadi Kesatria Biru

TOPRIAU,PEKANBARU - Memperingan Hari Ulang Tahun (HUT) Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (Damkar) ke 99 di tahun 2018, sebanyak 48 kasus kebakaran terjadi di Kota Pekanbaru. Plt Wali Kota Pekanbaru bersama Kapolresta Pekanbaru melihat dan menerima penjelasan dari Kepala Dinas Damkar tentang penggunaan Racun Api.

 

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Damkar Kota Pekanbaru, Burhan Gurning mengatakan, jika kasus terbanyak kebakaran yang terjadi di Pekanbaru masih didominasi diakibatkan kebakaran lahan.

 

"Data yang kami catat sepanjang tahun ini ada sebanyak 48 kasus kebakaran. Sedangkan 27 diantaranya kebakaran lahan dan 21 kebakaran gedung," kata Burhan Gurning, Senin (5/3).

 

Selanjutnya, khusus untuk kasus kebakaran gedung yang paling sering terjadi disebabkan karena korsleting listrik. "Tadi pas HUT kami inginnya ada MoU dengan pihak PLN, agar setiap pemadaman kebakaran di gedung bisa saling berkoordinasi. Karena kami sudah MoU dengan Polresta Pekanbaru," ungkap Burhan.

 

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, memimpin HUT Damkar Kota Pekanbaru ke-99 mengharapkan, kepada Damkar untuk dapat menjadikan momentum ini sebagai upaya memotivasi dan meningkatkan kinerja yang lebih baik. Melakukan pemberdayaan kepada masyarakat tentang bagaimana pentingnya upaya dalam pencegahan kebakaran.

 

"Tahniah di HUT ke-99 ini, semoga Damkar selalu menjadi kesatria biru yang pantang pulang sebelum api padam dan Damkar tetap jaya dan menjadi ksatria di tengah masyarakat," kata Ayat.

 

Bahkan Ayat menyebutkan, kenapa HUT Damkar ini diperingati di Pekanbaru pada hari Senin tanggal 5 Maret, yang mana mestinya diperingati setiap tanggal 1 Maret, dikarenakan bersama Kaban Damkar diundang pada hari itu ke Ambon untuk menghadiri HUT Damkar ke-99 se-Indonesia.

 

"Harusnya kita tanggal 1 kemaren bikin acaranya. Tapi hari itu saya bersama pak Kaban Damkar diundang ke Ambon bersama Mendagri dan beberapa Bupati/Walikota untuk menghadiri HUT Damkar ke-99 se-Indonesia. Nah, pada kesempatan itu saya juga memberi usulan kepada Mendagri untuk HUT Damkar yang ke-100 bisa dilaksanakan di Kota Pekanbaru," ungkap Ayat

 

Dalam Upacara HUT Damkar di halaman kantor Walikota, diisi dengan beberapa penampilan atraksi, bahkan turut hadir dalam kesempatan itu beberapa pejabat Forkopimda Pekanbaru, Kapolresta Pekanbaru Kombespol Susanto, Kajari Pekanbaru Suripto dan sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemko Pekanbaru. (TR)