Minggu, 16 Desember 2018

PDUI Riau; Menggelar Seminar Southest Medical Forum 2018 Sirkumsisi Modern dan GP Update

TOPRIAU,PEKANBARU - Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Cabang Riau menggelar 2nd Southeast Asia Medikal Forum Seminar workshop Sirkumsisi modern dan GP update. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan dokter umum dan calon dokter umum yang ada di Riau guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien.

 

Seminar workshop Sirkumsisi modern dan GP update ini didukung oleh rumah sakit kenamaan, seperti Mahkota Medical Centre, Prince Court Medical Centre, Columbia Asia Hospital, Parkway Hospitals Singapore dan lainnya.

 

Selanjutnya, pada Seminar workshop ini rumah sakit asal Malaysia turut memberikan materi untuk para peserta yang merupakan dokter umum. Dan dihadiri oleh pemateri dr.Teddy Yustin,  SpOG, dr.Joko Pitoyo,Sp.U, dr.Ary Hidayat,SpOG Konsultan Onkologi, dr. Servin Pandu Djaganata, SpOG dan salah satu pembicara Columbia Asia Hospital Setapak diacara ini mendatangkan dr.Mohamad Suhaimi Hasan yang merupakan dokter spesialis kebidanan, kandungan dan pengobatan reproduksi.

 

Didalam materinya, ia juga menjelaskan tentang bagaimana peran dari dokter umum pada permasalahan kesehatan Obsetry Gynaecology, khususnya pada masalah infertility.

 

Ketua Umum Persatuan Dokter Umum Indonesia (PDUI) Riau, dr.Abdullah Qayyum mengungkapkan, kegiatan Second Southes Asia Medical Forum 2018 merupakan ajang yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan para dokter umum dan tentang terobosan kesehatan terbaru masa kini.

 

"Dukungan berbagai rumah sakit yang turut andil menyampaikan perkembangan layanannya yang sangat baik. Bahkan untuk meningkatkan kemampuan para dokter umum," katanya. Sabtu (14/4)

 

Selain itu, dr.Abdullah Qayyim berharap dari kegiatan seminar ini para dokter umum bisa meningkatkan kualitas dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada pasien.

 

Sementara itu, Columbia Asia Hospital Setapak dalam hal pelayanan memiliki keunggulan lebih dibanding lain, terutama dibidang kandungan serta mata.

 

"Untuk kandungan, rumah sakit ini menyediakan sebuah layanan unggulan dari dokter yang sudah bersetifikasi internasional. Bahkan,  menyediakan layanan imunisasi kanker serviks, program bayi tabung dan infertilitas," tutur dr.Mohamad Suhaimi Hasan, saat ditemui di kegiatan 2nd Southeast Asia Medikal Forum Seminar workshop Sirkumsisi modern dan GP update.

 

Hal serupa juga disampaikan Sekretaris PDUI Riau, dr.Bintang Saragih, tujuan PDUI Riau pada kegiatan seminar dan Workshop untuk Transfer knowledge,  continues knowledge dan update knowledge, dimana masyarakat saat ini membutuhkan pelayanan yang terupdate. Sehingga PDUI Riau sebagai wadah untuk meningkatkan Kompetensi kawan-kawan dokter umum agar tidak kaku dan  mengikuti terus perkembangan teknologi.

 

Selain itu, PDUI Riau peduli terhadap kegiatan yang membantu Memfasilitasi para dokter umum dalam mengupdate ilmu Kedokteran, dengan Seminar ini yang tadinya sendiri-sendiri dilakukan oleh dokter mengikuti seminar diluar kota dengan biaya mahal. Namun secara bersama-sama PDUI Riau dan Dokter umum bisa mengurangi biaya dokter mengikuti seminar diluar dan menjadi low cost (biaya seminim mungkin*red).

 

"Secara regulasi pemerintah melakukan update ilmu yang berkembang sesuai kompetensi bagi dokter umum, ini harus memenuhi jumlah Standar Kredit Point (SKP) sebanyak 250 Point selama 5 Tahun. Sehingga ilmu kedoterannya selalu Uptodate," ringkas dr.Bintang. (TR/GP)