Minggu, 19 Agustus 2018

Kuliah Umum Prospek Budidaya Kurma Tropis, UIR Siap Jadi Kampus Riset Kurma di Indonesia

TOPRIAU,PEKANBARU - Kuliah umum bersama Pakar Kurma Dunia bersama University Basrah of Iraq di Kampus UIR berlangsung meriah dan dihadiri langsung oleh Guru Besar Prof. Dr. Abdul Basit Oudah. Selain itu, mahasiswa yang hadir, mendapatkan pengalaman baru tentang budidaya kurma dilahan tropis.

 

Bahkan, berkesempatan hadir Sekretaris Umum Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau, Drs.Sudarmo Hasan,MA, Dekan Faperta UIR, Dr.Ir.Ujang Paman Ismail, M.Agr dan jajarannya.

 

Sekretaris Umum YLPI Riau, Drs. Sudarmo Hasan, MA mengatakan YLPI dalam hal ini sangat mendukung langkah Indonesian Date Palm Association (IDPA) Riau menggelar kuliah umum di Kampus UIR.

 

"UIR sebagai institusi ilmiah siap menjadi kampus rujukan riset tentang kurma di Indonesia kelak," tegasnya.

 

Selanjutnya, UIR dalam hal ini mendapatkan kesempatan langkah dengan kedatangan Pakar Kurma Dunia,  Prof Dr Abdul Basit Oudah dari University Basrah of Iraq.

 

"Mari bersama-sama kita manfaatkan momen ini untuk menimba ilmu tentang budidaya kurma," tuturnya.

 

Sementara itu, Prof.Dr. Abdul Basit Oudah dalam pemaparannya menjelaskan,  kurma tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan umat Islam. Selain itu, ia juga mengutip hadist bahwa kurma ada sejak nabi adam diciptakan.

 

"Kurma merupakan stok ketahanan pangan dunia di masa depan," terangnya (TR/Rls)