Jumat, 16 November 2018

Santap Hidangan Pesta, Ratusan Warga Koto Perambahan Kampar Keracunan

TOPRIAU, KAMPAR - Ratusan warga di Desa Koto Perambahan, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau diduga mengalami keracunan setelah menyantap makanan di pesta perkawinan, salah seorang warga di desa tersebut. Saking banyaknya pasien membuat tim medis kewalahan.

Warga yang keracunan makanan di lokasi pesta umumnya warga desa Koto Perambahan Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar. Satu persatu warga yang mengalami keluhan pusing dan mual serta muntah mendatangi pukesmas Kampar Timur.

Korban keracunan kebanyakan anak-anak yang sudah terlihat lemas dan pusing warga mulai mengalami pusing  dan mual sejak Sabtu malam setelah menyantap makanan seperti sate, es tebak, soto dan lain sebagainnya  bahkan sebagian warga sudah mengalami muntah-muntah sejak sabtu sore.

Yurmailis salah satu orang tua korban keracunan mengaku, saat itu ia bersama anaknnya datang ke lokasi pesta yang tak jauh dari kediamannya dan di sana anaknnya memakan makanan sate  namun pada malamnya anaknya mulai mengeluh pusing dan mual.

"Keterangan yang diperoleh dari pasien terindikasi mereka mengalami keracunan saat makan di tempat pesta", Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, Nurbit.

Banyaknya warga yang mendatangi Pukesmas Kampar Timur ini membuat para tenaga medis yang kewalahan. Mobil ambulance milik pukesmas terdekat juga dikerahkan untuk mengangkut warga yang kondisinya lemas akibat banyaknya korban keracunan.

Pihak pukesmas terpaksa memfungsikan loby dan ruangan tim medik untuk merawat sementara korban keracunan,  meski dengan fasilitas seadanya pihak pukesmas tetap melayani korban keracunan yang diperkirakan akan terus bertambah. Selain itu banyak juga korban yang dirujuk kebeberapa ke rumah sakit. (TR/Aba)