Kamis, 24 Januari 2019

70 Bangunan Liar di Kawasan Garuda Sakti Pekanbaru Dibongkar Satpol PP

TOPRIAU, PEKANBARU - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru terus gencar melakukan pembongkaran terhadap bangunan liar yang ada di Pekanbaru.

Seperti yang dilakukan pada Jum’at (16/11) pagi petugas melakukan pembongkaran terhadap 70 bangunan liar di sepanjang Jalan Garuda Sakti, Kecamatan Tampan.

Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Agus Pramono menyebutkan, puluhan bangunan liar yang dibongkar itu sebagian besar dibangun di Daerah Milik Jalan (DMJ) dan di atas parit.

"Rata-rata dibangun di DMJ dan atas parit. Ada sekitar 70-an yang kita bongkar," ungkapnya, Jum’at (16/11).

Sebelum dibongkar, kata Agus, pihaknya terlebih dahulu sudah memperingatkan ke pemilik bangunan bersangkutan untuk melakukan penertiban sendiri sesuai batas waktu yang ditentukan.

"Waktu yang kita kasi tidak lama. Hari ini diingatkan, besok pagi sudah mulai dikosongkan. Jika tidak, kita tertibkan paksa. Tadi ada lagi sekitar 15-20 yang kita ingatkan, besok tim akan turun melakukan pengawasan sekaligus penertiban," ujarnya.

Selain bangunan liar, penertiban juga dilakukan terhadap spanduk calon legislatif (caleg) yang dipajang di pohon pelindung dan iklan produk ilegal di sepanjang pinggiran Jalan Garuda Sakti.

"Ini (penertiban) aktivitas rutin setiap hari," ucapnya.

Lebih jauh disampaikan Agus, khusus penertiban terhadap bangunan liar di sepanjang Jalan Garuda Sakti tersebut bertujuan meminimalisir banjir yang diakibatkan tak lancarnya saluran pembuangan air atau drainase lantaran dipenuhi sampah dan tiang bangunan.

"Kita harapkan dengan bersihnya parit dari sampah dan tiang bangunan, air bisa mengalir lancar sehingga ketika hujan turun, air tidak menggenangi badan jalan dan pemukiman," harap mantan Perwira TNI AD berpangkat Kolonel ini. (Kominfo)