Ormas Islam di Pekanbaru Turun ke Jalan, Kutuk Cina atas Penindasan Muslim Uighur

TOPRIAU, PEKANBARU - Ratusan massa dari berbagai Ormas Islam di Pekanbaru,  Provinsi Riau menggelar aksi solidaritas. Mereka memberikan dukungan terhadap masyarakat Muslim Uighur yang saat ini mendapat penindasan  dari Pemerintah Cina. Mereka juga mengutuk atas aksi negara Tirai Bambu tersebut.

Aksi unjukrasa yang digelar ratusan massa dari Ormas Islam ini, dipusatkan di tiga titik masing masing di Kemenkum HAM Provinsi Riau, kantor DPRD Riau dan Bundaran Zapin Jalan Protokol Sudirman Pekanbaru.

Berbagai poster dan spanduk bertuliskan dukungan terhadap Muslim Uighur diusung dalam aksi tersebut. Mereka mengutuk tindakan aksi kezaliman yang dilakukan oleh Pemerintah Cina sehingga megakibatkan warga Muslim Uighur tertindas.

Aksi yang digelar di jalan protokol tersebut, digelar usai Sholat Jumat (21/12/2018)  siang tadi, aksi ini, membuat jalan protokol Sudirman jadi macet. Polis terpaksa kerja ekstra untuk mengatur arus lalu lintas.

Para pengunjukrasa juga melakukan penggalangan dana di jalan, dengan menyebar berbagai kotak. Dana yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk membantu warga Muslim Uighur yang kondisinya saat ini mendapat perlakuan yang tak manusiawi  dari Pemerintah Cina. (TR/Rul)