Kamis, 24 Januari 2019

Uji Kelayakan Jembatan Siak IV Pekanbaru Dijadwalkan Februari 2019

TOPRIAU, PEKANBARU - Proses penyelesaian Jembatan Siak IV memasuki tahap finalisasi. Dengan tahapan tersebut Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau akan melakukan uji kelayakan sebelum sarana infrastruktur tersebut dioperasionalkan.

Dari planning yang disusun, uji kelayakan tersebut dijadwalkan pada bulan Februari mendatang. Nantinya, jika hasil loading test tersebut sudah memungkinkan jembatan ini untuk dilewati, maka positif bisa dibuka 100 persen untuk umum.

Kepala Dinas PUPR Riau, Dadang Eko Purwanto mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan pengerjaan infrastruktur tersebut.

“Ya dalam waktu dekat akan rampung. Untuk loading test-nya dari kementerian langsung," paparnya, Jumat (11/2).

Sesuai dengan planning yang disusun, pada tanggal 20 Januari nanti, sebut Dadang, bagian badan jembatan sudah menutup secara utuh (closer), atau sudah tersambung sempurna.

"Pihak rekanan di lapangan berencana akan menggelar sedikit seremonial saat itu. "Silahkan saja," ujarnya.

Untuk tahapannya, proses pengecoran dan pengaspalan secara utuh sudah bisa dilakukan pasca seluruh badan jembatan tersambung.

Sementara Pemprov Riau sendiri juga akan menggelar semacam soft opening pada akhir Januari, atau paling lama awal Februari 2019 nanti.

Diharapkan tidak ada kendala lagi untuk mengoperasionalkan sarana transportasi tersebut.(TR/MCR)