Kamis, 22 Agustus 2019

Pimpinan OPD Harus Memahami Tupoksi, Wako Pekanbaru Intruksikan Sekdako Gelar TOT

TOPRIAU, PEKANBARU – Wali Kota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus, ST, MT menginstruksikan kepada Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) M Noer untuk menggelar Training of Trainer (TOT)  atau pelatihan untuk pelatih bagi pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

''Ini instruksi untuk Pak Sekda, jadwalkan  TOT untuk jabatan tinggi pratama,''  pinta wali kota saat memimpin rapat evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di aula kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah  (Bappeda), Senin (4/2/2019).

Instruksi itu disampaikan wali kota usai mendengar pemaparan program kerja dari Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian  Kota Pekanbaru,  Firmansyah Eka Putra.

Dengan adanya TOT, maka wali kota menginginkan seluruh pimpinan OPD memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing serta mampu  menjelaskan program dan sasaran kerja secara detail.

"Sehingga mereka (pimpinan OPD) bisa menjadi instruktur bawahan, instruktur masyarakat. Jadi, semuanya juga harus mampu memaparkan program kerja seperti yang  disampaikan pak Eka tadi. Jadi Pak Sekda, ini instruksi, segera jadwalkan TOT,'' harap wali kota kembali mengulang perintahnya. ''Selesai pimpinan OPD, lanjutkan untuk jabatan eselon IIIa dan IIIb. Sehingga ketika berbicara menyampaikan program pemerintah kepada masyarakat, mereka tahu apa yang akan  disampaikan," sambung wali kota.

Dijelaskan wali kota, bahwa TOT sejalan dengan visi-misi Pemerintah Kota yakni menciptakan pemerintahan yang cerdas atau Smart Government. ''Pemerintahan yang  cerdas ini bukan Firdaus-Ayat saja, tapi kita semua. Kita harus satu irama dan satu langkah. Ke depan, jangan adalagi pandangan masyarakat yang menyebut kita  tidak mengetahui tujuan dan sasaran program,'' ujar wali kota.(TR/Kominfo)