Hari Ini 110 Calon Anggota PWI Riau Ikuti Orientasi Organisasi dan Ilmu Kewartawan

TOPRIAU, PEKANBARU - Sebanyak 110 orang wartawan calon anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau hari ini, Sabtu (20/7/2019), mengikuti orientasi tentang organisasi dan ilmu kewartawan serta peraturan yang mengikatnya.

Ketua panitia orientasi, Novrizon Burman kepada pers pagi ini mengatakan orientasi akan berlangsung sehari penuh di Gedung PWI Riau Jl Arifin Achmad, Pekanbaru. Para peserta akan dibekali ilmu dan pengetahuan oleh pengurus dan wartawan senior PWI Riau.

Menurut Wakil Ketua PWI Riau Bidang Organisasi itu, ada enam materi besar yang akan diberikan kepada peserta orientasi. Yakni : Sejarah PWI dan Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PD/PRT) PWI oleh Zulmansyah Sekedang, Ketua PWI Provinsi Riau; Teknik Penulisan Berita oleh Dheni Kurnia, Ketua Dewan Kehormatan PWI Riau; UU 40/1999 tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik (KEJ),  Kode Perilaku Wartawan (KPW) dan Pedoman Penulisan Ramah Anak (PPRA) oleh Fendri Jaswir, Sekretaris Dewan Kehormatan PWI Riau; Pidana Pers oleh Kazzaini KS, Anggota Dewan Kehormatan PWI Riau; UU 32/2002 tentang  Penyiaran dan pedoman penyiaran (P3SPS) dan Pedoman Penulisan Media Siber (PPMS) oleh Asril Darma, anggota KPID Riau; serta UU 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi oleh Zufra Irwan, Ketua Komisi Informasi Riau.

Novrizon yakin para pembicara ini adalah orang-orang yang berkompeten di bidangnya. Dia bersyukur dan berterima kasih kepada narasumber walaupun sudah berkiprah di lembaga lain, namun mereka masih mau berpartisipasi dan menyumbangkan pengetahuan dan pengalamannya untuk wartawan calon anggota PWI.

Novrizon berharap para peserta dapat mengikuti orientasi ini secara serius sampai berakhir. ''Sebab, ilmu ini mahal dan amat jarang didapatkan,'' ujarnya.

Panitia orientasi Bambang Syahputra mengatakan semua persiapan sudah tuntas, baik materi maupun kelengkapan tempat dan sarana orientasi. ''Tempat sudah OK dan bahan-bahan sudah diperbanyak,'' ujarnya.

Setelah orientasi ini, besok, Ahad (21/7/2019), semua peserta akan mengikuti ujian masuk menjadi anggota PWI. Mereka akan mengikuti ujian tertulis dan wawancara dengan materi yang sudah dijabarkan dalam orientasi hari ini. **"""