Rabu, 20 September 2017

Sempena Harganas Tim Penggerak PKK Bengkalis Gelar Pelayanan Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

TOPRIAU, BENGKALIS - Sempena peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) Tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Bengkalis, Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis akan menggelar pelayanan deteksi dini kanker leher rahim atau IVA test dan papsmear kepada masyarakat Kabupaten Bengkalis.

Dikatakan Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni, kegiatan pelayanan deteksi dini kanker leher rahim atau kanker serviks akan dilaksanakan pada 25 Juli 2015 di Politeknik Negeri Bengkalis, Jalan Bathin Alam Bengkalis.

“Pemeriksaan dini terhadap kanker harus dilakukan. Untuk itu kami menghimbau kepada kaum wanita yang telah bersuami untuk datang ke tempat pemeriksaan,” ungkap isteri Bupati Bengkalis.

Dikatakan Kasmarni, sebelum pemeriksaan dini kanker mulut atau IVA test dan papsmear dilakukan, calon peserta harus memenuhi persyaratan dan kriteria yang ditentukan, yakni wanita yang sudah menikah, tidak dalam keadaan haid, tidak berhubungan suami isteri, tiga hari sebelum pemeriksaan.

Lebih lanjut Kasmarni, kanker serviks (kanker leher rahim) merupakan kanker yang banyak menyerang wanita dan merupakan masalah kesehatan yang penting bagi wanita di seluruh dunia.

Saat ini kanker serviks menduduki urutan kedua dari penyakit kanker yang menyerang wanita di dunia dan urutan pertama untuk wanita di negara yang sedang berkembang. Kanker serviks juga merupakan salah satu penyebab utama kematian perempuan yang terkait dengan kanker.

Selain melaksanakan pelayanan IVA test dan papsmear, TP PKK Kabupaten Bengkalis juga akan mencanangkan Kampung KB se-Kabupaten Bengkalis dan Pencanangan TNI KB Kesehatan Tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2017. Pada tahun ini, Desa Kuala Alam akan dicanangkan menjadi kampung KB setelah sebelumnya Desa Resam Lapis menjadi kampung KB pertama di Kabupaten Bengkalis.

Kampung KB dibentuk sebagai salah satu upaya penguatan program Kependudukan dan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat guna memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memperoleh pelayanan total program KB sehingga dapat mewujudkan keluarga yang berkualitas

Rangkaian kegiatan memperingati Harganas tahun ini meliputi pelayanan KB, pelayanan kesehatan, pelayanan Pap Smear, Gelanggang Dagang, serta peninjauan Kampung KB. Direncanakan lebih kurang 500 undangan akan hadir pada puncak peringatan Harganas yang dipusatkan di Halaman Politeknik Negeri Bengkalis, dimana 75 persennya adalah masyarakat.(TR/HMS)