Sabtu, 17 November 2018

Asian Games 2018, Masih Diselimuti Kabut Asap

TOPRIAU,SUMSEL - Indonesia patut berbangga atas prestasi para atlet di laga Asian Games. Namun, dibalik euforia pertandingan akbar, api masih menggelora di dalam hutan dan di atas lahan gambut negeri ini.

 

Selain itu, Asap kebakaran masih melingkupi beberapa provinsi hingga sekolah-sekolah di Kalimantan Barat pun harus diliburkan.

 

Selanjutnya, Peristiwa kebakaran hutan dan lahan gambut ini pun tidak jauh dari lokasi penyelenggaraan Asian Games. Pada tanggal 21 Agustus 2018, kebakaran lahan gambut sempat terjadi di Jakabaring, Palembang, yang merupakan lokasi kunci pelaksanaan beberapa pertandingan Asian Games dan berjarak sekitar 500 meter dari Kampung Atlet.

 

Secara total, patroli udara di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) menemukan 71 lokasi kebakaran lahan dalam periode 20 hingga 27 Agustus 2018. BPBD bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengerahkan helikopter-helikopter untuk melakukan water bombing pada lokasi-lokasi ini.

 

Sedangkan Karhutla di wilayah Banyuasin dan ogan Ilir menjadi salah satu perhatian, karena wilayah-wilayah ini cukup dekat dengan ibukota Palembang, yaitu masing-masing berjarak sekitar 35 km.

 

Dari pantauan udara, BPBD Sumsel juga menunjukkan adanya upaya penegakan hukum. Hingga tanggal 27 Agustus, terdapat dua perkara kebakaran yang melibatkan tiga kasus individu dan satu kasus korporasi, dengan jumlah tersangka yang telah ditetapkan tiga orang.

 

Akan tetapi, hingga saat ini tidak ada informasi rinci mengenai daftar tersangka tersebut dan rencana tindak lanjut yang akan dilakukan aparat keamanan.

 

"Untuk memantau perkembangan kebakaran hutan dan lahan gambut selama pelaksanaan Asian Games, tim Pantau Gambut telah menghimpun informasi tentang upaya penanggulangan kebakaran lahan gambut dari berbagai sumber di situs kami," kata Iola Abas dari Tim Pantau Gambut. Kamis (28/9). (TR/Rls)