Kamis, 24 Januari 2019

Peringatan Hari Ibu ke-90 di Polres Kampar, Seluruh Pelaksana Upacara Anggota Polwan

TOPRIAU, BANGKINANG KOTA - Sabtu pagi 22 Desember 2018 sekira pukul 07.15 Wib, di Lapangan Upacara Mapolres Kampar dilaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Ibu ke-90 tahun 2018 dengan Tema "Bersama meningkatkan peran perempuan dan laki-laki dalam membangun ketahanan keluarga untuk kesejahteraan bangsa".

Bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK MH, sebagai Perwira Upacara Ipda I Nyoman Santi SIK dan Komandan Upacara Bripka Winda Intansari.

Seluruh pelaksana pada upacara memperingati Hari Ibu ke-90 tahun 2018 di Polres Kampar ini adalah dari Personel Polwan, sementara untuk peserta upacara terdiri dari Personel Polri dan ASN Jajaran Polres Kampar.

Upacara ini diawali dengan Pengibaran Bendera Merah Putih oleh personel Polwan, diiringi menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh peserta upacara.

Selanjutnya Mengheningkan Cipta dan Pembacaan Teks Pancasila oleh Inspektur Upacara yang ditirukan seluruh peserta upacara.

Berikutnya Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945, dilanjutkan Pembacaan sejarah singkat Hari Ibu dan Menyanyikan Lagu Hymne Hari Ibu.

Kapolres Kampar selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya membacakan amanat tertulis Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, berikut petikannya :

Hari ibu Indonesia lahir dari pengerakan bangsa, peran perempuan indonesia menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam perjuangan bangsa untuk meraih kemerdekaannya. Hal ini telah dibuktikan melalui kongres Perempuan I pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta, yang telah mengukuhkan semangat dan tekad bersama untuk mendorong kemerdekaan Indonesia.

Hakekat Peringatan Hari Ibu (PHI) setiap tahunnya adalah untuk mengingatkan seluruh rakyat Indonesia, terutama generasi muda tentang arti dan makna Hari Ibu sebagai momentum kebangkitan bangsa.

Bertepatan dengan PHI Ke-90 tahun 2018 ini telah di usung tema "Bersama Meningkatkan Peran Perempuan dan Laki laki dalam membangun Ketahanan Keluarga untuk Kesejahteraan Bangsa".

Tema ini dibangun dengan melihat situasi dan kondisi bangsa Indonesian tahun 2018 dan menyelaraskan dengan arah perempuan yaitu OASE, Kongres Wanita Indonesia (KOWANI), TP PKK Pusat, Dharma Pertiwi, Dharma Wanita Persatuan Pusat, Bhayangkari dan Mitra Kerja lainnya yang selalu bersama sama terlibat dalam penyelenggaraan peringatan Hari ibu.

Menutup amanat ini Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI menyampaikan harapannya agar Peringatan Hari Ibu ke-90 tahun 2018 ini dapat mendorong terciptanya kesetaraan perempuan dan laki laki dalam setiap aspek kehidupan.

Usai amanat Inspektur Upacara dilanjutkan menyanyikan Lagu Mars Hari Ibu dan kemudian Pembacaan Do'a. Upacara berakhir pada pukul 08.00 wib dan seluruh rangkaian Upacara berlangsung dengan khidmat dan lancar. (***)