Jumat, 23 Oktober 2020

Ribuan Rumah di Siak Hulu Kampar Masih Terendam

TOPRIAU- KAMPAR - Banjir yang terjadi di Kecamatan Siak Hulu  Kabupaten Kampar, Provinsi Riau sudah mulai surut namun ribuan rumah masih terendam air, akses jalan juga terputus dan belum bisa dilewati oleh kendaraan kondisi ini, membuat aktivitas warga yang hendak ke luar dari desa tersebut terganggu.

Diantara daerah yang terendam banjir akibat luapan Sungai Kampar terdapat di Desa Lubuk Siam dan Tanjung Balam Kecamatan Siak Hulu, di desa ini air terlihat  mulai berangsur surut.

Dari pantauan di lapanagan tampak genangan air masih terlihat di halaman rumah warga bahkan di beberapa titik air terlihat masih tinggi. Selain itu sebagian jalan yang berada di dua desa tersebut masih ditutupi air setinggi empat puluh centimeter.

Sebelumnya banjir setinggi satu meter sempat merendam ratusan pemukiman warga yang terdapat di kedua desa tersebut dan membuat aktivitas warga lumpuh.

Menurut Camat Siak Hulu, Fajri Hasbi beberapa desa di Kecamatan Siak Hulu masih terkena dampak banjir khusus diempat desa air masih terlihat tinggi. “Meski air sudah berangsur surut namun 3.000 kepala keluarga dan 1.800 lebih rumah masih terendambanjir”, jelasnya.

Banjir yang terjadi di kabupaten kampar sudah berlangsung sekitar satu minggu akibat dampak dari pembukaan pintu waduk PLTA Koto Panjang yang tak sanggup menampung supllay air dari hulu. Kecamatan Siak Hulu merupakan salahsatu daerah yang terparah terkena dampak banjir tersebut. (TR/AB)