Sabtu, 23 September 2017

​ Puluhan Ton Minyak PT Naga Mas Tumpah, Laut Dumai Tercemar

TOPRIAU DUMAI - Perairan Dumai tercemar tumpahan minyak dari perusahaan industri yang beroperasi di kawasan pelabuhan Pelindo 1 Dumai-Riau.

Tumpahan minyak jenis stearin campuran untuk bahan margarin ini, tumpah ke laut apakah disengaja atau akibat kesalahan pekerja ( human eror) masih dalam penelusuran.

Sebelumnya minyak sejenis tumpah milik PT Kresijaya Adhikarya beberapa waktu lalu. Kali ini tumpahan minyak milik pt naga mas di perkirakan tumpah puluhan ton berserakan dan mengapung di permukaan laut Dumai. Berasal dari salah satu tanki timbunnya.

Supervisor PT Naga Mas, Indra Suwandi mengatakan kejadian tersebut akibta kesalahan pada koordinasi.

" Ini merupakan kesalahan petugas, jalur pengisian yang seharusnya terbuka satu menjadi dua pengisian untuk tanki 306 sementara jalur untuk tanki 305 belum tetutup karena hampir penuh, sehingga akibat kesalahan tersebut muatan  tanki 305.meluber keluar hingga tumpah ke laut.“ jelasnya.

Saat kejadian terjadi pukul 04.30 wib da penanganan terkesa lamban sehingga tumpahan.minyak cepat meluas di permukaan laut. Baru sekitar pukul 08.30 wib bantuan oil bom dari Pelindo membantu melokalisir tumpahan agar tidak terbawa arus gelimbang laut. . (TR/Dekatra).