Minggu, 19 November 2017

Pencapaian Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Dumai

TOPRIAU, DUMAI - Bergulirnya program Jaminan Kesehatan Nasional Indonesia terhadap pelayanan kesehatan masyarakat. Program JKN-KIS membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat untuk mendapat jaminan pelayanan kesehatan

Adapun pencapaian kinerja Program JKN-KIS untuk BPJs Kesehatan Kantor Cabang Dumai sendiri yang mencakup Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak sriindrapura, dan Kabupaten Kep. Meranti juga terus mengalami peningkatan. Sampai dengan 30 Juni 2017, jumlah peserta BPJS Kesehatan Cabang Dumai mencapai 1.066.401 jiwa. Termasuk di dalamnya peserta yang didaftarkan dan diintegrasikan dengan Program JK masing-masing Pemerintah Daerah melalui Kepesertaan PBI APBD, yaitu PBI APBD Dumai sebanyak 62.628 jiwa, PBI APBD Bengkalis sebanyak 36.733 jiwa, PBI APBD Meranti sebanyak 12.615 jiwa, PBI APBD Siak Sriindrapura sebanyak 9.320 jiwa, PBI APBD Rokan Hilir sebanyak 1.762 jiwa.

Pertumbuhan jumlah peserta ini juga diiringi dengan pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yangbekerjasama. Saat ini Kantor Cabang Dumai telah bermitra dengan 141 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri atas 65 Puskesmas, 23 Dokter Praktik Perorangan, 4 Dokter Praktik Gigi Perorangan, dan 49 Klinik Pratama. Selain itu, BPJS Kesehatan Cabang Dumai juga telah bekerja sama dengan 10 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 10 Rumah Sakit, 10 Apotek, serta 9 Optik.

"Kami ucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah terhadap komitmen untuk menyukseskan Program JKN-KIS. Selain komitmen dalam bentuk pembiayaan serta perluasan akses pelayanan melalui penyediaan fasilitas kesehatan ke depan kami harapkan peran pemerintah daerah juga makin dioptimalkan baik dari sisi kualitas dan mutu pelayanan kesehatan sehingga derajat kesehatan masyarakat semakin meningkat, bersama-sama memperkuat regulasi terkait kepatuhan pengusaha dan masyarakat dalam kepesertaan JKN-Kis, serta cakupan kepesertaan yang makin luas sehingga dapat terwujudnya Universal Health coverage atau cakupan semesta di tahun 2019," ujar Kepala BPJS Kesehatan cabang Dumai Adi Siswadi, saat kegiatan Public Expose capaian Kinerja BPjs Kesehatan cabang Dumai, di Kota Dumai (22/08).

Tak cukup sampai disitu, kini BPJS Kesehatan juga mengembangkan pendaftaran melalui Sistem Dropbox di Kantor Cabang BPJS Kesehatan, dan Kantor Kecamatan, pendaftaran melalui PPOB/mitra kerja BPJs Kesehatan, melalui Kader JKN serta pendaftaran melalui aplikasi Mobile JKN. Pendaftaran melalui mitra kerja juga tengah dikembangkan dengan membuka Point Service di pusat perbelanjaan seperti mall dan tempat perbelanjaan lainnya. (TR/Dekatra-Oka)