Senin, 20 Agustus 2018

Rusa Timor Beranak Secara Alami Dikebun Binatang Kasang Kulim

TOPRIAU, KAMPAR - Kebun binatang   Kasang Kulim Kabupaten Kampar Riau   mendapatkan penghuni baru. Sekor bayi Rusa  Timor lahir  dan berkembang biak di kebun binantang tersebut. Rusa Edemic Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara Barat yang tergolong hewan dilindungi ini melahirkan anaknya secara alami.

Bayi rusa ini lahir pada Senin (15/1) pagi, proses kelahiran bayi Rusa Timor yang belum diberi nama ini, berjalan  secara alami tanpa ada bantuan petugas kebun binatang.

Untuk menjaga  kesehatan sang bayi rusa petugas memberikan makanan  rumput segar serta vitamin  untuk induk rusa. Selain itu dokter hewan juga rutin memantau perkembangan bayi rusa ini.

"Rusa di kebun binantang Kasang  Kulim ini, merupakan sumbangan dari kebun binatang Pematang Siantar Sumatera Utara tahun 2012  lalu. Sementara bayi rusa yang baru lahir ini  merupkan anak yang ketiga  dari induk yang sama",jelas Desfizal, petugas kebun binantang Kasang Kulim.

Petugas kebun binatang Kasang Kulim juga tengah memantau Rusa Timor betina yang juga sedang hamil empat bulan. Petugas memperkirakan akan lahir dalam  satu minggu kedepan.Dengan kelahiran bayi rusa ini menambah koleksi kebun binatang Kasang Kulim menjadi 5 ekor Rusa Timor. Selain Rusa Timor, kebun binatang Kasang Kulim juga memiliki dua ekor jenis Rusa Bawean.

Rusa Timor atau Bahasa Latin Cervus Timorensis  dan Rusa Bawean termasuk satwa dilindungi dan merupakan Rusa Endemic Pulau Jawa Bali  dan Nusa Tenggara Barat. (TR/Rul)