Sabtu, 17 November 2018

Lestarikan Alam, Sasambo Generation Ajang Peduli Lingkungan

TOPRIAU, PEKANBARU - Beragam aksi kepedulian lingkungan terus dilakukan sebagai wujud kecintaan terhadap alam. Komitmen ini ternyata menjadi perhatian berbagai  elemen masyarakat, begitu juga dari kalangan generasi muda.

Seperti terlihat dalam kegaitan Sasambo Greeneration International Camp 2018 di Pantai Kerandangan 1 Lombok Barat, Nusa tenggara Barat, kemarin. Dalam kegiatan nasional bernuansa lingkungan itu, turut berpartisipasi tiga siswa MAN Insan Cendekia Siak. Yakni Muhammad Fajar, Khairini Hanum dan Tri Yuliatin.

Generasi muda pecinta lingkungan ini mewakili provinsi Riau dalam kegiatan internasional ini. Tri Yuliatin menerangkan, Sasambo Greeneration International camp merupakan acara yang diselenggarakan untuk para pemuda usia 15 - 25 tahun yang peduli terhadap masa depan lingkungan.

Beragam hal positif juga dilaksanakan. Seperti melakukan upaya nyata untuk melestarikan alam. Uniknya hanya dari ini indonesia, peserta juga ada dari beberapa negeri seperti Afganistan, Bangladesh, Timor leste, India, Malaysia, Vietnam dan beberapa Negara lainnya.

"aya sangat senang bisa bertemu dan kenal dengan pemuda seluruh Dunia. Apalagi saya disini sebagai peserta yang berasal dari SMA, bisa belajar banyak dari kakak kakak yang sudah menempuh pendidikan yang lebih tinggi lagi. Senang bisa berbagi dan bertukar pendapat dengan mereka. Ditambah alam lombok yang masih sangat alami," terangnya, Selasa (30/1/2018).

Dalam kegaitan tersebut, para generasi muda itu diajak untuk untuk menjadi teman bumi. Misalnya seperti melakukan kegiatan mangrove planting dan beragam kegiatan yang penuh kesan edukasi ekologi.

"Acara yang sangat berkesan itu pada saat di Griya paper art Lombok. Disana kami tau dan belajar bagaimana cara memanfaatkan kertas yang tak dipakai lagi menjadi barang berguna. Bahkan tahan lama dan tahan banting. Kertas dijadikan kursi, meja, dan barang bermanfaat lainnya. Untuk itu kami sangat berterimakasi kepada pihak yang telah mendukung kegiatan ini," imbuh Tri yang juga pengurus Green Generation itu.(TR/MCR)