TEGAS Komit Selamatkan Pelestarian Lingkungan

TOPRIAU, KEPULAUAN MERANTI - 30 orang dari Desa Anak Setata tergabung dalam kelompok Tegas komit dengan aktivitas pelestarian lingkungan di sekitar wilayah Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau.

Hal itu dikatakan Ketua Kelompok Tegas Kadar Siono melalui sambungan seluler kepada mediacenter.riau.go.id, Rabu (21/2/2018)

“Sejak berdiri Tahun 2006 silam dirinya bersama Kelompok Tegas dari Desa Anak Setata Kecamatan Rangsang Barat Kabupaten Kepulauan Meranti Riau, telah melakukan kegiatan penyelamatan lingkungan”, ungkapnya

Dikatakan, Kelompok Tegas tetap komit dan fokus menanam sejumlah pohon Bakau, Api api, perepat, kedabu, ketapang, blukap dan lainnya guna melawan abrasi menjadi kegiatan bersama kelompok.

Kadar Sionon Peraih Penghargaan Adibakti Mina Bahari dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI tahun 2013 juga menjelaskan saat ini Kelompok Tegas juga mengembangkan olahan buah dari pohon yang di tanam untuk meningkatkan ekonomi kelompoknya.

“Hasil olahan Buah Pedada, Buah Api api dan daun jeruju tadinya tidak bernilai jual namun kini telah di olah menjadi olahan minuman, beragam jenis makanan ringan seperti keripik dan dodol, semua olahan menggunakan campuran buah mangrove, saat ini hasil olahan di pasarkan tingkat desa dan untuk tamu kabupaten dan provinsi”, imbuhnya.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa Kelompok tegas juga menjalin kerjasama baik pada semua pihak guna mewujutkan penyelamatkan lingkungan di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau, karena dengan sinergi dalam kerjasama maka tujuan penyelematan lingkungan di wilayah ini akan mudah dilakukan.

Disisi lain Camat Rangsang Barat Said Jamhur menilai “Jika saat ini Kelompok Tegas beberapa kali mendapat penghargaan tingkat kabupaten, provinsi bahkan nasional dalam hal penyelematan lingkugnan melalui ketuanya Kadar siono”.

Ke depan di harapkan akan lahir kelompok kelompok baru yang memiliki visi misi yang berkontribusi positif bagi masyarakat dan lingkungan seperti kelompok tegas ini di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau. Tutupnya (TR/MCR)