Minggu, 16 Desember 2018

BMKG Stasiun Pekanbaru, 8 Hotspot Terdeteksi di Riau

TOPRIAU,PEKANBARU - Berdasarkan pantauan satelit Terra dan Aqua, ada 8 titik panas (hotspot) terpantau di Riau di 5 wilayah di Riau yakni di Bengkalis 1 titik, Rohil 2 titik, Siak 1 titik, Pelalawan 1 titik dan Dumai 3 titik. Dari jumlah tersebut 4 titik diantaranya diduga kuat ada aktifitas kebakaran hutan dan lahan.

 

"Sementara untuk wilayah yang diduga kuat terjadi Karhutla ada di Bengkalis, Rohil, Siak dan Dumai, masing-masing 1 titik. Hal ini disebabkan keempat titik ini memiliki level konfidence di atas 70 persen," kata Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi, Kamis (22/2)

 

Sementara itu, untuk wilayah Sumatera hari ini terpantau 11 hotspot yang tersebar di 4 Wilayah. Dari 4 wilayah tersebut, penyumbang hotspot terbanyak adalah Riau.

 

"Untuk Kepulauan Riau 1 titik, Bangka Belitung 1 titik, Bengkulu 1 titik dan Riau 8 titik. Riau penyumbang hotspot terbanyak," ujar Slamet.

 

Selain itu, Suhu udara untuk hari ini, baik dari siang hingga malam hari diprediksi akan turun hujan di beberapa wilayah di Riau.

 

"Pada siang hati Potensi hujan ringan terjadi di sebagian wilayah Pelalawan, Kuansing, Kota Pekanbaru, dan sebagian Kampar. Untuk malam hari juga ada potensi hujan ringan hingga sedang terjadi di wilayah Kampar, Rohul, Siak, Bengkalis, Kota Pekanbaru, Inhu, Pelalawan dan Kuansing," ungkapnya.

 

Sementara itu, Slamet mengimbau masyarakat untuk mewaspadai hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang yang dapat terjadi di wilayah Riau bagian Barat seperti Kampar, dan Kuansing terutama pada malam hari.

 

Sumber; cakaplah.com