Jumat, 21 September 2018

Tumpahan Minyak CPO Kembali Ke Laut Dumai

Tumpahan minyak Crude Palm Oil (CPO) kembali terjadi di laut Dumai. Belum dapat diperkirakan berapa jumlah minyak yang tumpah dan menggenangi laut Dumai. Kejadian itu terjadi pada, Senin (26/02/2018) sekitar pukul 08.50 WIB.

Informasi yang berhasil dihimpun di lapangan tumpahan terjadi pada saat itu dilakukan pengapalan di dermaga B Pelabuhan Pelindo 1 Dumai. dari tangki ke kapal.

Menurut salah seorang keterangan petugas pengaman yang tidak bersedia disebutkan namanya menyebutkan terjadi kebocoran saat pengisian minyak ke kapal di dermaga, sehingga sebagian minyka cpo tumpah ke laut.

Untuk menghindari tumpahan cpo meluas, nampaknya langsung ditangani secepatnya dengan memasang oil bom di sekitar dermaga dan kapal. Luberan minyak Nampak mengapung disekitra kolam dan jembatan dermaga B pelabuhan Pelindo 1 Dumai. Diduga Tumpahan CPO itu karena adanya penutupan manifold secara tiba-tiba oleh pihak Kapal tanpa ada konfirmasi kepada pihak surveyor dengan ditandai naiknya Amper meter pompa pengapalan sehingga pihak darat tetap memompa CPO ke kapal.

Menurut keterangan salah seorang petuga pengaman di pelabuhan dermaga B, yang tidak bersedia disebutkan namanya mengatakan tumpahan terjadi saat pengisian minyak ke kapal dan minyka milik PT Ivomas. Yang saat ini di sekitar derrmaga B sudah dipasang olil bom mengantisipasi tumpahan minyak menyebar,”terangnya.

Sementara itu, pihak PT Ivomas saat dicoba dikonfirmasi terkait tumpahan minyak cpo itu ke laut Dumai, hingga kini belum dapat dihubungi untuk memberikan jawaban secara resmi. Sedangkan pihak Pelindo 1 Dumai juga belum mengetahui kejadian tersebut, hingga berita ini diturunkan. (Dekatra) 

mce_marker