Pemko Pekanbaru Gandeng Insan Pers, Wujudkan Sebagai Kota Layak Anak

TOPRIAU,PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengundang sejumlah insan media di Pekanbaru seperti televisi, cetak, radio dan online untuk menghadiri rapat kerja media masa, bertempat di ruangan Multi Media Kantor Walikota Pekanbaru, Jumat (23/03). Pasalnya, insan pers memiliki peranan yang cukup penting, karena merupakan 1 dari 24 indikator dalam rangka mewujudkan Pekanbaru sebagai Kota Layak Anak (KLA) pada tahun 2018.

 

Wakil Ketua Tim KLA Kota Pekanbaru, Rosmita mengungkapkan, untuk mewujudkan KLA tidak bisa dilakukan sendiri melainkan lintas sektoral. Komponen tersebut adalah pemerintah, dunia usaha, masyarakat dan termasuk media massa.

 

"Dari 24 indikator penentu terwujudnya Kota Layak Anak, media berada di 23 indikator tersebut. Oleh sebab itu ,kami harapkan media mau membantu pemerintah dan meningkatkan nilai Kota Pekanbaru dalam memperoleh keriteria KLA tertinggi untuk tahun 2018 ini," kita Rosmita.

 

Selanjutnya, untuk Kota Pekanbaru sendiri, sudah dibentuk Forum Anak Kota Pekanbaru yang dijadikan sebagai wadah dan tempat berhimpun bagi seluruh anak-anak Pekanbaru. Selain itu, Pemko Pekanbaru juga sudah menyediakan taman bermain anak-anak.

 

"Taman bermain untuk anak-anak di Kota Pekanbaru ini akan ditambah lagi, semua itu dapat diikmati secara gratis," ungkapnya.

 

Sementara itu, Asisten III Setdako Pekanbaru, Baharuddin menyebutkan, untuk mencapai Pekanbaru sebagai KLA tahun 2018 ini, sedikitnya ada 5 klaster yang harus dipenuhi.

 

"Diantaranya, adalah hak sipil dan kebebasan, lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, kesehatan dasar dan kesejahteraan, pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya serta perlindungan khusus bagi anak," ujarnya. (TR)