Riau Belum Bebas Hotspot

TOPRIAU.COM, PEKANBARU - Meskipun masih sering diguyur hujan, beberapa daerah di Riau masih tergolong rawan ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Pasalnya hotspot masih terlihat membayang-bayangi beberapa daerah di negeri ini.


Seperti saat pantauan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Jumat (29/6/2018) kembali terpantau hotspot. Kali ini hotspot terdeteksi di dua daerah di Riau, yakni Indragiri Hilir dan Pelalawan.

Informasi itu disampaikan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekambaru, Sukisno. Menurutnya, kali ini memang terpantau empat hostpot di Sumatera dan smuanya berada di daerah Provinsi Riau.

"Memang ada terdeteksi hotspot di dua daerah. Yakni di dua hotspor di Indragiri Hilir dan 2 hotspot lainnya di Pelalawan," tuturnya.

Kendati demikian, potensi hujan juga masih memungkinkan turun di malam hari dengan intensitas ringan. Seperti di Kabupaten Rohil, Rohul, Bengkalis dan Meranti.

Untuk suhu udara hari ini diperkirakan 22.5-34.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 55-98 persen. Sedangkan   pergerakan arah angin dari Tenggara ke Selatan dengan kecepatan 09-27 km/jam.(MCR)