Sabtu, 22 September 2018

Hotspot Kembali Terdeteksi di Sumatara, Riau Masih Penyumbang Terbanyak

TOPRIAU, PEKANBARU - Langkah antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terus menjadi perhatian. Ini terlihat dengan hotspot yang masih terus menghampiri Riau beberapa hari belakangan ini.


Pantauan Satelit Terra dan Aqua Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Minggu (8/7/2018) mendeteksi 6 hotspot di wilayah Sumatera. Dari angka tersebut, Riau menyumbang empat hotspot. 

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Sukisno mengatakan, Hotspot tersebut tersebar di 3 daerah. Riau tertinggi dengan 4 hotspot, Bengkulu 1 hotspot dan Sumbar juga 1 hotspot. 

"Memang di Riau kembali terdeteksi hotspot. Untuk adi Riau tersebar di 2 wilayah, yakni Bengkalis 3 hotspot dan Kampar 1 hotspot," tuturnya. 

Kendati demikian, BMKG Stasiun Pekanbaru memperkirakan sejumlah daerah di Riau masih berpotensi akan diguyur hujan pada malam ini. Potensi hujan yang akan turun kemungkinan dengan intensitas ringan juga bersifat lokal. 

Misalnya terjadi di sebagian wilayah Rohil, Rohuk, Dumai dan Bengkalis. Unuk auhu udara di Riau hari ini diramalkan berkisar pada angka 23.0-33.0 derajat celcius dengan tingkat kelembaban udara 50-95 persen. Sedangkan arah angin bertiup dari Tenggara-Selatan dengan kecepatan 09-27 km/jam.(TR/MCR)