Jumat, 16 November 2018

Titik Api Meningkat, 32 Hotspot Terdeksi di Sumatera

TOPRIAU, PEKANBARU - Hotspot terus menjadi sorotan beberapa hari belakangan ini. Apalagi hari ini, Senin (9/7/2018) terdeteksi 32 hotspot di beberapa wilayah di Sumatera.

Hotspot tersebut tersebar di 7 wilayah di Sumatera. Meliputi di Provinsi Jambi terbanyak dengan 13 hotspot, kemudian di Sumatera Selatan 8 hotspot. Kemudian di Provinsi Riau ada 5 hotspot, Bengkulu 3 hotspot, Lampung, Aceh dan Sumatera Barat 1 hotspot. 

Informasi itu disampaikan Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Sukisno. Dari beberapa hotspot tersebut, sebagian shdah berasa di level confidence. 

"Memang ada beberapa hotspot di Riau dan beberapa daerah Sumatera. Untuk di Riau juga tersebar di beberapa daerah," tuturnya.  

Hotspot tersebut tersebar di 4 daerah, yakni d Pelalawan 2 hotspot. Dii Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Kampar masing-masing satu hotspot. Meskipun hanya lima hotspt di Riau, dua hotspot memiliki level confidence diatas 70 persen. Diharapkan ke depan angka hotspot dapat berkurang, sehingga Riau terbebas dari ancaman karhutla.(TR/MCR)