Jumat, 19 Oktober 2018

Terkena Jeratan Babi, Anak Beruang Madu Berhasil Diselamatkan BBKSDA Riau

TOPRIAU, PEKANBARU - Langkah konservasi satwa liar terus menjadi perhatian. Ini dinilai penting untuk meminimalisir ancaman kepunahan satwa yang dilindungi.

Berangkat dari hal tersebut Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau kembali menyelamatkan satwa seekor anak beruang madu. Satwa liar itu diselamatkan setelah terkena jeratan babi di areal pekebunan sawit Desa Bukit Kerikil, Kabupaten Bengkalis.

Kepala BBKSDA Riau, Suharyono menilai, pihaknya telah menurunkan tim untuk melakukan penyelamatan. Hanya saja, proses penyelamatan dilakukan memerlukan waktu yang tidak singkat, karena adanya seekor beruang dewasa yang terlihat berada di lokasi.

"Kita telah berhasil melakukan penyelamatan. Memang dj llokasi tersebut cukup banyak jerat satwa liar yang cukup membahayakan satwa lainnya," tuturnya, Selasa (18/9/2018).

Meskipun proses penyelamatan dilakukan dengan waktu yang tidak singkat, tetapi proses penyelamatan berhasil dilakukan. Selain itu pasca dievaluasi, satwa liat tersebut dilepasliarkan ke alam.

Untuk diketahui, tempat penyelamatan evakuasi satwa liar tersebut dilakukan di Desa Bukit Kerikil secara geografis berbatasan langsung dengan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil. Areal ini merupakan kawasan konservasi yang kaya akan flora dan fauna yang dilindungi.(TR/MCR)