Kamis, 24 Januari 2019

Elevasi air di Waduk PLTA Koto Panjang Meningkat Drastis Setinggi 84,20 MDPL

TOPRIAU, KAMPAR - Elevasi air di waduk PLTA Koto Panjang terpantau naik secara drastis dibandingkan beberapa  hari sebelumnya. Dari pantauan di lokasi ketinggian air di waduk PLTA tersebut  mencapai 84,20 meter dari permukaan laut, ini jauh dari batas normal yakni 82,30 MDPL.

Tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir membuat ketinggian air atau elevasi di waduk PLTA Koto Panjang mengalami peningkatan secara drastis. Terpantau  elevasi air di waduk PLTA telah mencapai 84,20 meter dari permukaan laut atau MPDL. Kondisi ini jauh dari batas normal yakni 82,30 MDPL.

Sedangkan untuk air yang masuk atau inflow air ke waduk PLTA Koto Panjang sudah mencapai 1.420 meter kubik perdetiknya, dibandingkan sebelumnya ketinggian elevasi air mengalami kenaikan setinggi kurang lebih 0,97 meter dari permukaan laut.

Manager PLTA Koto Panjang, Muhammad Rusdi mengatakan, dengan kondisi kenaikan elevasi yang sangat siknifikan ini maka pihaknya akan melakukan langkah langkah antisipasi salah satunya dengan menambah pembukaan pintu air dan sekaligus dengan menambah ketinggian bukaan pintu air pelimpahan atau Spill Way Gate yang terdapat di waduk PLTA Koto Panjang.

Dari data yang ada, saat ini total Out Flow atau air yang keluar di waduk PLTA Koto Panjang sebesar 752 meter kubik perdetiknya dan ini akan mempengaruhi ketinggian air di Sungai Kampar yang diperkirakan akan mencapai antara 50 hingga 100 centimeter. (TR/ABAD)