Kamis, 24 Januari 2019

PLTA Koto Panjang Kembali Buka Tiga Pintu Air Pelimpahan

TOPRIAU, Tingginya inflowa air yang masuk ke waduk PLTA Koto Panjang membuat pihak pengelola harus kembali membuka ke tiga pintu air pelimpahan atau Spill Way Gate setinggi 30 centimeter.  ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinnya dampak buruk terhadap bendungan dan akan terjadi banjir di daerah hulu waduk seperti wilayah Pangkalan Koto Baru Kabupaten Lima Puluh Kota.

Dari data yang ada air yang akan keluar dari ketiga pintu ini diperkirakan sebanyak 457 meter kubik per detiknnya. Maka dengan dibukannya ketiga pintu pelimpahan ini, akan mempengaruhi tingginya air di aliran Sungai Kampar yang diperkirakan ketinggian air akan bertambanh setinggi 30 hingga 60 centimeter.

Supervisor pemeliharaan yang juga merupakan plh manager PLTA Koto Panjang, Ramli menyebutkan, saat ini mereka terpaksa harus kembali membuka ke tiga pintu air pelimpahan, ini disebabkan oleh tingginnya inflow air yang masuk hingga mencapai 1252 meter kubik per detiknya.

Dari pantauan di lokasi waduk PLTA Koto Panjang, pembukaan pintu pertama dilakukan Jumat (07/12/2018) tepanyat pada pukul 14.00 wib, kemudian dengan interval waktu 10 menit dilakukan pembukaan pintu yang berikutnya. Sedangkan pintu pelimpahan yang dibuka yakni pintu satu, tiga dan lima. (TR/Abad)