Seluruh Pintu Waduk PLTA Koto Panjang Dibuka, Warga Dimbau Berhati hati

TOPRIAU, KAMPAR - Elevasi air di waduk PLTA Koto Panjang pada Jumat (07/12/2018) terpantau telah mencapai 84,20 meter dari permukaan laut atau di atas ambang normal, kondisi ini juga ditambah dengan tingginya inflow air atau air yang masuk dari hulu waduk PLTA Koto Panjang hingga mencapai 1.420 meter kubik perdetiknya.

Kondisi ini,membuat Pihak pengelola PLTA Koto Panjang terpaksa kembali menbuka dua pintu air Spill Way Gate yang sebelumnya belum dilakukan pembukaan. Dengan dibukannya dua pintu air ini, maka saat ini kelima pintu air yang ada di bendungan PLTA Koto Panjang telah dibuka keseluruhannya dan ketinggian pembukaan kelima pintu air pelimpahan ini masing masing 50 centimeter.

Manager PLTA Koto Panjang, Muhammad Rusdi menyatakan, pihaknya  terpaksa membuka dua pintu air yang tersisa di waduk PLTA Koto Panjang, ini dilakukan karena inflow air masuk dari hulu waduk sangat tinggi dan mengakibatkan ketinggian elevasi air di waduk PLTA bisa diakatakan upnormal.

Ditambahkannya, dibukannya kelima pintu air dengan tinggi masing masing 50 centimeter ini, maka ketinggi air di bantaran Sungai Kampar juga akan mengalami peningkatan dan diperkirakan tinggi muka air akan naik setinggi antara 50 hingga 100 centimeter.

Manajer PLTA ini, juga mengingatkan kepada warga terutama yang beraktivitas dan tinggal di daerah aliran sungai (DAS) agar berhati hati dan waspada.  "Saya mengimbau agar warga berhari hari menyusul dibukanya lima pintu waduk PLTA ini", terangnya Jumat (07/12/2018). (TR/Abad)