Kamis, 24 Januari 2019

Ratusan Rumah di Pulai Rambai Terendam Banjir,, Aktivitas Warga Lumpuh Total

TOPRIAU, KAMPAR - Warga yang berada di bantaran Sungai Kampar dalam beberapa hari terakhir ini merasa cemas menyusul meluapnya air ke permukiman. Ketinggian air di pemukiman warga yang terkena dampak banjir ini mencapai satu setengah meter.

Salahsatu daerah yang terparah terkena dampak banjir ini adalah Desa Pulau Rambai Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar. Luapan air Sungai Kampar yang menggenangi permukiman ini sudah terjadi sejak beberapa hari lalu.

Terendamnya pemukiman warga ini, mebuat aktivitas menjadi lumpuh.Warga terpaksa menggunakan sampan atau perahu sebagai sarana transportasi untuk masuk dan keluar kampung.

"Banjir yang terjadi di desa mereka sudah berlangsung beberapa hari belakangan,  ketinggiannya mencapai satu setengah meter", jelas Abdul Ghani, Kepala Dusun I Pulau Rambai

Banjir yang terjadi di Kabupaten Kampar ini dikarenakan adanya pembukaan lima pintu air di waduk PLTA Koto Panjang setinggi 1,5 meter. Pihak plta terpaksa membuka seluruh pintu waduk karena tak sanggup menampung air yang datang dari hulu.

Pembukaan pintu waduk PLTA ini, membuat air Sungai Kampar  meluap, menggenangi pemukiman warga terutama yang berada di bantaran sungai. (TR/Abad)