Kamis, 24 Januari 2019

DBD di Pekanbaru Terhitung Minggu ke-49 Terdapat 341 Kasus

TOPRIAU, PEKANBARU-- Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mencatat, sampai minggu ke-49 terhitung sudah ada 341 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Sebagian besar menyerang usia 5 tahun sampai 9 tahun, yakni 77 kasus.

Kemudian usia 10 tahun sampai 14 tahun dengan jumlah 70 kasus. Jika dilihat sebaran menurut jenis kelamin, paling banyak menyerang laki-laki, yaitu 185 kasus

Dari data tersebut diperoleh kesimpulan Usia anak-anak rentan terserang salah satu penyakit mematikan ini.

Jika dipersentasekan mencapai 54 persen dari jumlah kasus sampai minggu ke-49. Sedangkan perempuan sebanyak 156 kasus dengan 46 persen.

"Tahun ini jauh lebih rendah dari tahun kemarin," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Diskes Kota Pekanbaru, Gustiyanti, Kamis (13/12).

Penyebaran nyamuk pembawa DBD ini berkaitan dengan lingkungan tempat tinggal masyarakat. Jadi, hal itu juga berkaitan dengan prilaku masyarakat.

"DBD ini disebabkan oleh lingkungan. Selagi masyarakat tidak mendukung, itu pasti tetap ada kasusnya," kata dia.

Program untuk menekan penyebaran DBD, program Dinas kesehatan terus berjalan. Seperti kader jumantik, kata dia terus melakukan penyuluhan.

Selain itu, jika ada yang terkena DBD, Puskemas di kecamatan masing-masing siap memberi pertolongan. "Jika ringan kita ada obat di Puskesmas, dan juga bisa kita rawat. Untuk nyamuknya kita ada menyediakan abate. Khusus untuk membunuh jentik nyamuk," jelasnya.  (Kominfo)