Kamis, 24 Januari 2019

Jadi Perhatian Pembentukan Kampung Siaga Bencana

TOPRIAU, PEKANBARU - Pembentukan kampung siaga bencana menjadi perhatian. Pasalnya, langkah tersebut berperan positif dalam mengantisipasi dan penanganan bencana alam di daerah.

Hal ini menjadi perhatian, karena masih ada beberapa daerah yang belum menerapkan pembentukan kampung siaga bencana tersebut. Dari inventarisir awal masih 7 daerah di Riau yang belum membentuk kampung siaga bencana tersebut.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Dahrius Husein mengatakan, langkah proaktif tersebut terus dikoordinasikan dengan stakeholder terkait di daerah. Dari beberapa daerah yang telah menerapkannnya, yang tengah aktif melakukan penanganan banjir yakni kampung siaga bencana di Desa Kampung Panjang, Kampar.

"Memang ada beberapa daerah yang sudah menerapkannya. Ini penting, seperti saat ini di Kabupaten Kampar itu tengah banjir dan memerlukam penanganan ekstra setelah meluapnya air sungai," paparnya.

Dengan adanya kampung siaga bencana tentunya dapat berperan positif untuk langkah pengananannya. Tidak hanya di Kabupaten Kampar, pada 2018 ini juga sudah dibentuk kampung siaga bencana di Dumai. Selain itu kampung siaga bencana juga telah terbentuk di Inhu, Kecamatan Siberida dan Kepenuhan di Rohul dan Kota Pekanbaru.(TR/MCR)