Sabtu, 23 September 2017

RW 01 Sukajadi Ciptakan Generasi Penghafal Alquran

 

Pekanbaru, TOPRIAU - Dalam membantu pengembangan Kota Pekanbaru menjadi Kota Metropolitan yang Madani, sesuai dengan visi pemerintah Kota Pekanbaru, masyarakat RW 01 Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Sukajadi memiliki fokus penciptaan generasi hafal Al Qur'an.

Hal ini seperti disebutkan Ketua RW 01, Drs. Azmi Idris, kepada inforiau. Meskipun diwilayahnya tidak memiliki Madrasah Diniyah Takwiliyah Awaliyah (MDTA), namun dirinya dan istri mengambil inisiatif untuk membuka pengajian bagi anak-anak dirumahnya yang diberi nama pengajian Imam Abdul Rahman, yang mana murid mengajinya sendiri merupakan putra dan putri masyarakat RW 01.

"Ditempat kami memang tidak ada MDTA, namun kami memiliki pengajian untuk anak-anak yang berada diwilayah kami, yang dilakukan dirumah RW. Bahkan kegiatan ini sudah jauh dilakukan sebelum adanya himbauan Magrib Mengaji dari Wali Kota. Ini merupakan salah satu upaya kami untuk menghindari terjadinya buta aksara Alquran bagi anak-anak," katanya.

Kemudian dikatakan Azmi, setelah mengerti akan bacaan Alquran, anak-anak ini akan diarahkan untuk mengikuti pelajaran MDTA di RW sebelahnya. Dan hal yang membanggakan sendiri adalah, beberapa anak yang melakukan mengaji dikediamannya tersebut, sudah ada yang menjadi penghafal Alquran, mulai dari 5 juz, 10 juz, sampai dengan 20 juz.

"Nantinya ketika anak-anak ini sudah mengerti membaca Alquran, akan kami arahkan untuk mengikuti sekolah MDTA di RW 02. Maksudnya agar pemahaman tentang agama mereka bisa lebih mendalam. Namun ada hal yang membanggakan, beberapa anak yang mengaji ditempat kami juga sudah ada yang menjadi penghafal Alquran," ujarnya lagi.

Mengenai kehidupan sosial kemasyarakatan, wilayah yang terdiri dari 620 KK dengan bermacam suku dan budaya itu, memiliki masyarakat yang cukup bertenggang rasa.

Misalnya untuk kegiatan gotong royong, ketika itu dilaksanakan, biasanya masyarakat yang tidak berkesempatan ikut selalu membantu, dengan memberikan prasarana yang diperlukan.TR