Ustadz Abdul Somad Sampaikan Lima Amanah yang Perlu Dijaga

TOPRIAU, PEKANBARU - Ustadz Abdul Somad Lc MA menyampaikan lima perkara amanah yang harus di jalankan dan dijaga  umat muslim semasa hidup di dunia.

Kelima amanah itu disampaikan Ustadz Abdul Somad dalam tabligh akbar yang diselenggarakan Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi Riau di Gelanggang Remaja jalan Sudirman Pekanbaru, Selasa (27/2/2018).

Ustadz Abdul Somad sengaja memilih lima poin agar tidak ada dikait-kaitkan dengan nomor urut calon gubernur Riau.

"Kan tak ada nomor 5?," kata Ustadz Abdul Somad mengawali ceramahnya.

Apa saja Lima amanah yang harus dijaga dalam kehidupan ini? "Amanah pertama adalah amanah umur. Jangan sampai ada umur kita ini kosong dari ibadah-ibadah kepada Allah," ujar ustadz Alumi Al Azhar Kairo Mesir dan Darul Hadist Moroko tersebut.

Amanah kedua yang harus dijaga adalah amanah harta, dimana harta dipergunakan untuk agama Allah. Mulai dari sedekah, infak dan membangun sarana dan prasarana pendidikan agama islam.

"Di akhirat nanti kita akan mempertanggungjawabkan semua yang kita lakukan di dunia. Termasuk kemana harta yang kita punya kita pergunakan,"ucapnya.

Amanah ketiga menurut alumni Universitas Al Azhar adalah amanah pasangan hidup. Hal ini katanya juga bagian penting yang harus dijaga bagi setiap orang yang sudah berkeluarga.

Amanah keempat adalah amanah anak, serta kelima amanah kekuasaan dan jabatan.

"Kalau punya kekuasaan dan jabatan, tolonglah agama Allah," kata ustaz yang bergelar Datuk Seri Ulama Setia Negara.

Usai ceramah, Ustadz Abdul Somad langsung menutup tabligh akbar dengan membacakan doa.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, saat akan memulai tabligh akbar, Ustadz Abdul Somad mendapat 'hadiah' jaket kebesaran pemuda pancasila dan Kartu Tanda Anggota (KTA) kehormatan PP oleh Plt Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim di dampingi MPW PP Riau, Arsadianto Rachman.

Selain penyerahan jaket dan KTA, alumni Al Azhar Mesir dan Darul Hadis Maroko juga menerima secara simbolis bantuan uang sebesar Rp100 juta untuk desa binaan Ustad Abdul Somad di daerah terpencil dari MPW PP Riau.

"Serasa masih muda saya pakai baju Pemuda Pancasila. Tapi ada satu yang saya sesalkan, kenapa baru sekarang bang Anto (Ketua MPW Pemuda Pancasila Riau, red) memberikan jaket Pemuda Pancasila. Kalau dari dulu tentu tak akan diusir orang, kan," kata Ustaz Abdul Somad disabut tawa ribuan jemaah.

Abdul Somad mengatakan dirinya sempat suudzon terhadap Pemuda Pancasila kalau jemaah yang hadir hanya sedikit.

"Ternyata ada lima ribu jemaah yang hadir. Kalau tak percaya coba hitung sendiri," kelakarnya yang disambut tawa.

Tabligh akbar ini mengangkat tema "Menjaga Amanah".(TR/MCR)