Jumat, 17 November 2017

Firdaus : ASN Harus Pintar Menggali Potensi Diri

TOPRIAU, PEKANBARU - Walikota Pekanbaru Firdaus ST MT secara tegas menyebutkan bahwa setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dulu dikenal dengan istilah PNS, harus pintar  dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya,kalau pegawainya tidak pintar maka sangat mustahil tujuan kinerja dan program kerja akan bisa tercapai.

Hal itu diungkapkan Walikota dengan tegas Selasa (10/3) saat menjadi Pembina apel pagi pegawai di lingkungan pemko Pekanbaru di halaman kantor walikota Pekanbaru.

Firdaus menjelaskan, bahwa pintar yang dimaksud disini bukan karena title atau jenjang pendidikan yang dimiliki pegawai yang bersangkutan, bukan soal S1, S2.  Maupun S3 yang disandang, tetapi pintar yang dimaksud adalah pintar dalam melaksnakan tugas dan pekerjaan.

"Pintar yang kita maksud adalah pintar dalam melihat dan menggali potensi diri, serta pintar dalam menggali potensi kota Pekanbaru ini.  Gunakan potensi dimiliki untuk pengabdian dan berprestasi dalam bekerja. Pegawai itu adalah pemikir, perencana dan pelaksna, maka haruslah pintar. Kalau pegawainya pintar barulah masyrakatnya  dan seterunsya hingga terwujudnya kota smart atau cyber ciy," ujar Walikota.

Ditambahkannya, bahwa selama ini yang terjadi adalah orang yang rajin bekerja dengan orang yang malas atau tidak pandai bekerja mendapat gaji atau tunjangan yang sama. Secara manajemen pengelolaan tata pemerintahan itu sangatlah tidak ideal.

"Reguliasi terus berkembang, kondisi pemerintahan serta aturan yang dibuat akan terus berinovasi, maka ke depan orang yang pintar dalam akan mendapat award dari kepintarannya, dan orang yang malas dan memiliki kinerja rendah akan tertinggal.  Seperti di perusahaan swasta, orang yang pintar dalam bekerja akan mendapatkan  pendapatan yang lebih. Nilai kita adalah hasil kinerja kita sendiri. Maka mari kita kenali diri, kenali potensi diri dan potensi kota ini, maka kita semua  akan menadi pegawa yang tangguh, mandiri dan berdaya saing," ulas Walikota mengakhiri.(TR/hms)