Rabu, 20 September 2017

Dinas Koperasi Gandeng Disparpora Rohil Jadikan Dekranasda Pusat Penjualan Souvenir

TOPRIAU. BAGANSIAPI-API - Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Rohil, H Wazirwan Yunus S Sos Msi berencana menjadikan Dekranasda Rohil menjadi pusat penjualan suvenir yang dihasilkan oleh UMKM dari berbagai daerah di negeri seribu kubah ini. Terkait hal ini, dirinya akan berusaha menggandeng Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Rohil agar dapat memaksimalkan Dekranasda nantinya. 
''Kita menggandeng Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispapora) untuk menjadikan gedung Dekranasda menjadi pusat penjualan souvenir,'' ungkap Wazirwan.

Wazirwan menambahkan, sentra suvenir yang segera dipusatkan di gedung Dekranasda akan menyediakan berbagai macam produksi makanan dalam kemasanan yang berasal dari usaha home industri dan juga produk-produk kerajinan tangan termasuk juga produk kerajinan yang diolah oleh masyarakat yang memiliki daya cipta kreasi yang tinggi. Seperti mengolah beberapa limbah dari sampah yang dapat menghasilkan karya kerajinan bernilai tinggi.

''Misalkan saja seperti yang telah dihasilkan dari Kecamatan Rimba melintang yang mampu mengolah sampah menjadi kerajinan yang bermutu,'' kata Wazirwan mencontohkan.

Menurutnya hal ini harus digesa guna menghadapi event tahunan wisata budaya bakar tongkang yang akan dilaksanakan tanggal 11 Juni 2017 oleh seluruh warga Tionghoa yang bermukim di kota Bagansiapiapi, sehingga memudahkan para wisatawan baik mancanegara maupun lokal mendapatkan cenderamata sebagai kenang-kenangan asli kota Bagansiapiapi.

''Sebagai gambaran, setiap kali pelaksanaan budaya bakar tongkang dilaksanakan, pengunjung ramai yang datang ke Bagansiapi-api, dan kita berharap semoga rencana ini dapat segera terealisasi'' pungkasnya.(sis)