Senin, 20 November 2017

Kampar Sebagai Destinasi Wisata akan Segera Terwujud

TOPRIAU, KAMPAR – Wacana Pemerintah Daerah Provinsi Riau untuk menjadikan Kabupaten Kampar sebagai Destinasi Wisata Insyaallah akan terwujud, sebab dalam hal ini terlihat dari berbagai Objek Wisata di Kampar mulai terlihat diminati wisatawan.

Objek wisata Ulu Kasok yang saat ini sedang diserbu pengujung baik luar Kampar maupun  dari luar Kampar sendiri, dengan melihat hal tersebut Bupati Kampar H Azis Zaenal,SH,MM melihat langsung beberapa objek wisata yang berada di kawasan danau PLTA Koto Panjang tepatnya Ulu Kasok XIII Koto Kampar, minggu (16/7).

Kunjungan yang dilakukan Azis Zaenal juga tidak lepas dari komitmen Pansus (rencana tata ruang wilayah) RTRW DPRD Riau untuk memajukan Kampar dalam bidang Pariwisata, dalam hal ini dihadiri langsung oleh Ketua Pansus RTRW DPRD Riau  Asri Auzar dan anggota H Masnur,SH.

Selain pansus DPRD Riau, juga diikuti oleh Asisiten II Setda Kampar Nurbit, MH, Kepala Dinas PU PR Kampar Indra Pomi,ST,M.Si, Kepala Bapeda Kampar Ir Azwan, Kadis Perikanan M Usman, Kadis Pertanian Henry Dunan, Camat XIII Koto Kampar Amiruddin.

Azis menyampaikan bahwa Komit bersamam-sama  DPRD Riau, DPRD Kampar, Pemda, Ninik Mamak dan masyarakat untuk memajukan Kampar khususnya dibidang pariwisata. Saat ini sebenarnya kita banyak memiliki objek wisata yang hanya dalm pengelolaan kurang serius.

Sebelumnya kita lihat pemandian  Sungai Ijau  yang dipadati dihari libur oleh masyarakat luar Kampar, kemudian saat ini bisa kita lihat, Ulu Kasok yang dikatakan pengunjung  “Raja Empatnya Kampar”, setiap hari libur ribuan pengunjung memadati puncak pemandangan tersebut.

Kedepan Azis benar-benar Komitmen untuk memajukan pariwisata Kampar, sehinga terwujudnya Distinasi Wisata Kampar di Prpvinsi Riau, agar setiap liburan masyarakat Riau khususnya Kampar tidak perlu berwisata kedaerah lain lagi, karena Kampar tidak kalah dengan daerah lain terkait pariwisata.

Usai meninjau Ulu Kasok, Azis Zaenal dan rombongan juga meninjau Tower Telkom jalan lama Sumbar Riau di wilayah Pulau Gadang Hill dengan menguna perahu sampai ke Jembatan I Danau PLTA Koto Panjang, Ketua Pansus RTRW DPRD Riau  Asri Auzar dan anggota H Masnur,SH. Usai peninjauan ini mengatakan bahwa DPRD Riau akan melakukan perubahan status lokasi yang ada di sekitar Wilayah PLTA, sehingga kedepan wilayah ini dapat dijadikan kawasan wisata tanpa merusak alam dan cethman Area PLTA Koto Panjang " Kata Asri Auzar.

Sementara itu Kepala Bappeda Kampar Azwan mengatakan 
Momentum pembahasan RTRW Propinsi Riau yang saat ini sedang berjalan adalah waktu yang tepat untuk mengusulkan kawasan PLTA Koto Panjang dan objek wisata lainnya untuk dialihkan statusnya menjadi APL (Areal Penggunaan Lain/Areal Bukan Kawasan Hutan), untuk bisa dikembangkan menjadi objek pariwisata.

Ditambahkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar Azwan,  M. Si bahwa hal ini juga sudah dibicarakan dengan anggota pansus (panitia khusus)  RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) DPRD Provinsi Riau dengan dengan tutun langsung meninjau lokasi kawasan wisata yang langsung ditindaklanjuti oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kampar dan Tim dari Bappeda Kabupaten Kampar untuk menentukan titik koordinat objek-objek pariwisata unggulan yang sedang viral dan mendunia seperti Ulu Kasok, Candi Muara Takus, Danau Rusa, Gulamo, Pemanisan dan lain-lain untuk diajukan ke pansus RTRW. "Alhamdulillah tim pansus DPRD RTRW  Propinsi Riau hari minggu ini  langsung turun ke lokasi yang kita ajukan," ujar Azwan. (TR/MCR)