Tarik Minat Wisatawan, Dispar Riau Wujudkan 7 Unsur Sapta Pesona

TOPRIAU, PEKANBARU - Guna menarik minat wisatawan berkunjung ke suatu daerah, sangat penting untuk menciptakan kondisi sapta pesona, yang terdiri dari tujuh unsur yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan.

Ketujuh unsur tersebut harus dapat diciptakan agar dapat menimbulkan suasana indah dan memesona, khususnya di tempat-tempat yang banyak dikunjungi wisatawan.

Pemerintah provinsi Riau melalui Dinas Pariwisata (Dispar) setiap tahunnya selalu gencar melakukan sosialisasi kegiatan Sapta Pesona. Tahun 2018 ini, kegiatan yang dilaksanakan oleh Bidang Sumber Daya Pariwisata (SDP) Dispar Riau, bakal digelar di delapan kabupaten/kota.

Di Bagansiapiapi kabupaten Rokan Hilir, pada Selasa (6/3/2018), Dispar Riau menggelar kegiatan sosialisasi tersebut, dengan melibatkan 300 orang peserta dari kelompok sadar wisata, pelajar dan berbagai komunitas kabupaten Rokan Hilir.


Turut hadir pada acara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Rohil, Surya Arfan, Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Datuk seri Al Azhar, Kepala Dinas Pariwisata provinsi Riau, Fahmizal Usman dan Pembina DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Riau, Osvian Putra.

Pada acara tersebut Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) provinsi Riau, Fahmizal Usman memaparkan, kegiatan Sapta Pesona sangat penting diterapkan pada Destinasi-destinasi wisata.

"Dengan kondisi dan suasana yang menarik dan nyaman, wisatawan akan betah tinggal lebih lama, merasa puas atas kunjungannya dan memberikan kenangan indah dalam hidupnya," kata Kadispar Riau, Fahmizal Usman.

Dalam mewujudkan tujuh unsur itu, guna mendorong keberhasilan sektor pariwisata yang lebih baik dibutuhkan juga dukungan kesadaran dan rasa tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat," paparnya lagi.

Pembina DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Riau, Osvian Putra juga memaparkan, dengan menciptakan keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan, dan kenangan, tentunya akan mendorong program pembangunan pariwisata Riau lebih baik.

Osvian Putra, yang juga menjabat sebagai ketua Generasi Pesona Indonesia (GenPi) provinsi Riau mengajak peserta yang hadir agar aktif membantu mempromosikan destinasi, kalender event serta kebijakan pariwisata didaerahnya melalui media sosial digital yang menurutnya sangat efektif untuk membantu promosi.

"Bila ada para peserta yang memiliki kesamaan hobbi travelling  fotografi, videografer, penikmat kuliner, sampai ke blogger, mari kita manfaatkan media sosial dengan baik. Fokus serta peduli kepada sektor pariwisata di Indonesia," kata Osvian Putra.


Usai acara sosialisai tersebut, juga digelar kegiatan pelepasan burung merpati putih, aksi 1000penandatanganan dukungan untuk wisata sejarah Bagansiapiapi Heritage dilanjutkan kunjungan ke kawasan Heritage.(TR/MCR)