Jumat, 16 November 2018

Resmi Terbentuk, Forwata Riau Susun Pengurus

TOPRIAU,  PEKANBARU - Forum Wartawan Pariwisata (Forwata) Provinsi Riau resmi terbentuk. Sebagai ketua dipercayakan kepada Didis Mardisna selaku Alumni Famtrip Hari Pers Nasional (HPN) 2018 di Padang.

Dalam menjalankan roda kepengurusan Forwata Provinsi Riau dengan masa bakti 2018-2023 ini, Didis Mardisna dibantu beberapa pengurus lainnya. Yakni Bambang Irawan Syahputera selaku Sekretaris, Zulmiron (Wakil Sekretaris), Kunni Masrohati (Bendahara) dan Herlina (Wakil Bendahara).

Selain itu, wadah organisasi Forwata Riau ini juga diperkuat beberapa bidang yakni Bidang Promosi dan Event, Bidang Informasi dan Komunikasi (Infokom), Bidang Hubungan Antar Lembaga, Bidang Litbang dan Dokumentasi.

Untuk Bidang Promosi dan Event dipercayakan kepada Aznil Fajri dan Syam Irfandi (Pepen),, Bidang Infokom digawangi Arif Budiman dan Satria Batubara, Bidang Hubungan Antar Lembaga Rosyita dan Jon Hendri serta Bidang Litbang dan Dokumentasi Mario Kisas dan Widiarso.

Ketua Forwata Riau Didis Mardisna mengatakan, keberadaan Forwata ini di Riau sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah untuk memajukan industri pariwisata. Karena itu, nanti Forwata Riau akan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Riau dan stakeholder terutama Dinas Pariwisata Kabupaten/kota serta pelaku usaha pariwisata yang ada di Riau.

"Forwata ini tandemnya ke Dinas Pariwisata dan stakeholder terkait. Karena itu, dalam setiap program yang dilaksanakan akan bersinergi dengan Dinas Pariwisata," tutur Didis di sela-sela pembentukan kepengurusan Forwata Riau di Kedai Kopi Malay, Jalan Pelajar, Pekanbaru, Rabu (14/03/2018).

Didis juga mengatakan, Forwata ini terbentuk secara nasional dan nanti akan dilantik oleh Kementerian Pariwisata RI. Rencananya, kepengurusan Forwata Indonesia akan dilantik di Papua.

"Setelah nasional dikukuhkan, baru kita kukuhkan Forwata Riau ini. Untuk rencana pelantikan, Presidium Forwata Indonesia sudah mengirimkan surat audiensi ke Menteri Pariwisata Bapak Arif Yahya. Audiensi nanti untuk memperkenalkan keberadaan Forwata Indonesia yang menjadi bagian dalam mendukung kegiatan promosi wisata nusantara. Dan Forwata Riau juga akan dikukuhkan secara nasional yang Insya Allah akan diselenggarakan di Papua," terang Didis

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau H Zulmansyah Sekedang mengapresiasi dan mendukung terbentuknya Forwata Riau. Karena dengan kehadiran dan keberadaan Forwata Riau ini dapat menambah wawasan para wartawan yang ada Riau tentang pariwisata. Selain itu, forum ini juga bisa jadi ajang tempat silaturahmi antar wartawan, tidak hanya di Riau saja tapi juga di seluruh provinsi se Indonesia.

"Saya mendukung terbentuknya Forwata Riau yang digagas alumni Famtrip HPN 2018 di Padang ini. Selain sebagai wadah silaturahmi juga bisa menambah wawasan wartawan Riau tentang industri pariwisata, tidak hanya pariwisata yang ada di Riau saja tapi pariwisata di provinsi lain," papar Zulmansyah.***