ASATI Siap Bersinergi untuk Percepatan Wisata Indonesia

TOPRIAU, MEDAN - Asosiasi Sales Travel Indonesia (Asati) mendukung penuh percepatan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Hal ini diwujudkan dengan terus mendatangkan wisatawan ke berbagai destinasi di tanah air, termasuk ke Sumatera Utara.

"Asati siap mendukung penuh setiap gebrakan bapak Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk percepatan wisatawan mancanegara ke Indonesia," tegas Sekjen DPP Asati Arlan Dikusnata di sela penyambutan rombongan wisatawan asal Pattani Thailand di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Kuala Namu Deliserdang, Kamis (15/3/2018).

Arlan menambahkan, Asati siap bersinergi dengan semua asosiasi pariwisata yang ada demi kemajuan industri pariwisata di tanah air.

"Selama ini lebih kepada wisatawan Malaysia, Thailand dan Singapura. Khusus Thailand sudah kita handle sejak tiga tahun yang lalu dan rombongan ini merupakan kedatangan perdana di tahun 2018," papar Arlan yang juga Direktur PT Mitra Tour Padang.

Ditambahkannya, pihaknya menargetkan tamu tamu muslim Thailand ke Indonesia sekitar 600-900 orang pada tahun 2018 ini.

Rombongan wisatawan asal Thailand yang tergabung dalam Mid Group Monspace Thailand dipimpin oleh Mr Dolhalem menggunakan Maria Travel yang langsung dipimpin Wan Yusuf dari Pattani. Wan Yusuf yang juga Direktur Maria Travel menjelaskan selain ke destinasi menarik dan terkenal di Sumut mereka juga akan mengunjungi obyek wisata di ibukota Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Bali dan Lombok.

Selain Sekjen DPP Asati, rombongan wisatawan Thailand disambut oleh Ketua DPD Asati Sumut Rapelta Ginting yang juga Direktur PT Bintan Liburan Wisata, serta Sekretaris DPD Asati Sumut Andriansyah dari PT Aulia Salam Sejaktera Tour and Travel serta pemandu wisata Rahmat Hafipudin dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI).

Pihak Asati mengenakan ulos kepada rombongan wisatawan sebagai ungkapan selamat datang dan semoga berbahagia selama di ibukota Sumatera Utara. Pada bulan April dan Agustus akan menyusul lagi wisatawan dari Thailand. "Mereka sudah booking ke Medan," ujar Arlan.

Sebelum ini, Asati telah banyak berkiprah di dalam dan luar negeri mempromosikan industri pariwisata Indonesia. Berbagai kegiatan yang telah diikuti Asati antara lain ekspo terbesar “Central European Tourism Trade Fair” di negara Cheko 15-18 februari 2018, Muscat Festival di Oman pada 17 Januari-10 Februari 2018, talk show “Halal Membawa Pesona” di Palembang yang diikuti juga peserta dari Malaysia dan Thailand bersinerji dengan Kadin Indonesia.

"Untuk membantu program bapak presiden dan menteri terkait Indonesi Halal Destination for tourism. Adapun di Oman, dalam rangka mempromosikan interntional halal tourism guna mendorong kunjungan turis dari Timur tengah," urai Arlan.

Kegiatan lainnya di tanah air menggelar famtrip ke Bangka Belitung bekerjasama dengan Pemkab serta pelaku pariwisata Bangka. Famtrip diikuti oleh travel agent Singapura bersama media pariwisata Singapore dan Malaysia. Juga ikut dalam famtrip travel agent dari Yogyakarta dan Bandung. (Rls)