Kelompok Seni Kreatif Unjuk Kebolehan di Hutan Kota Pekanbaru

TOPRIAU, PEKANBARU - Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau menggelar acara panggung seni kreatif. Kegiatan yang setiap malam minggunya dilaksanakan di Loop Arena kawasaan Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai). Kegiatan yang dilaksanakan di Hutan Kota jalan Thamrin Pekanbaru, bertepatan dengan kegiatan Destinasi digital Pekan Rantau Melayu.


Kelompok seni yang menyajikan karya-karya kreatifnya pada acara tersbut yaitu, Belacan Aromatic, Sanggar seni Syifa Budi Al Azhar, yang menyajikan drama komedi dan Moon On the Ethic Band. Penampilan ke-tiga kelompok seni ini cukup heboh menghibur penonton yang hadir di Hutan Kota.

Personil Belacan Aromatic, Mat Rock, yang turut tampil pada acara itu menyampaikan bahwa Panggung Seni Kreatif yang diegelar oleh bidang ekonomi kreatif Dispar Riau, sangat luar biasa.

“Kegiatan ini bisa membuka peluang untuk anak-anak muda. fasilitas panggung yang disediakan kapasitasnya memadai, kemudian yang perlu dicatat, pagelaran ini sangat selektif oleh alam,’’ tutur Mat Rock, Senin (2/4/18).

Mat Rock menyampaikan, saat ini musik-musik di Riau, sudah banyak sekali dan beragam, tapi di acara Panggung seni kreatif bisa menjadi wadah untuk para anak-anak muda agar lebih kreatif. “Secara jujur Belacan Aromatic sudah lama sekali tidak tampil, hal ini dikarenakan kami pilih-pilih panggung, dalam arti kapasitas musik yang kami sajikan tidak dikonsumsi oleh orang banyak, karena bukan sebatas untuk hiburan saja,’’ katanya.

’’Pada acara ini penonton sangat memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Belacan Aromantic. Jarak panggung dengan penonton sangat dekat, tidak ada batas. Suasana ini sangat berpengaruh bagi kami yang bermain di atas panggung, tentunya hal ini menjadi motivasi. Tanpa adanya penonton kami tidak ada apa-apanya,” ujar Mat Rock.

Kegiatan Panggung seni kreatif menurut Mat Rock, merupakan peluang besar bagi para musisi muda. Dirinya berharap agar panggung yang digelar Dispar itu, tidak dijadikan sebagai wadah eksplorasi saja, tapi bisa berlanjut.

Belacan Aromatic membawakan musik melayu pesisir, di dalamnya ada Zapin, Mak Inang, Langgam, dan Joget, dan banyak memasukan banyak unsur melayu zaman dahulu hingga sekarang, tempo-tempo musik yang disajikan sangat cepat, hal ini diciptakan agar yang menikmati musik kami ikut semangat.

Pada iven yang digelar di Hutan kota itu, Belacan Aromatic menjadi penyaji utama, sekaligus menjadi pembuka acara Panggung seni kreatif. Di bawah gemerlap kilauan tata cahaya panggung yang menghiasi aksinya, mereka membawakan lima karya musiknya, para penonoton dibibir panggung merapatkan barisan dan memberikan antusias yang luar biasa. (TR/MCR)