Selasa, 21 Agustus 2018

Kampung Cina Pekanbaru Jadi Perhatian Dunia, Foto Imlek Masuk Media Internasional

TOPRIAU, PEKANBARU - Foto salah satu destinasi wisata di Riau menjadi perhatian dunia. Dimana CNN Travel melalui situs web resmi mereka merilis 22 foto terbaik perjalanan dunia tahun 2018, kemarin.

Pada situs itu, terlampir sebuah foto dari Indonesia yang menggambarkan dua orang gadis sedang berswafoto pada perayaan tahun baru Imlek. Warga Pekanbaru cukup bisa bangga, karena lokasi foto tersebut berada di kampung Cina Pekanbaru.

Diketahui dari captionnya, foto tersebut hasil jepretan fotografer asal kota Pekanbaru, Afrianto Silalahi (33). Afrianto yang berprofesi sebagai fotografer sekaligus jurnalis ini, mengakui pernah mengirimkan foto itu ke agency foto, Getty Images. Dari situlah banyak media internasional yang mempublikasikan foto perayaan tahun baru imlek yang lokasinya di jalan Karet Kota Pekanbaru Provinsi Riau.

Afrianto Silalahi yang juga bekerja sebagai pegawai tidak tetap (PTT) di Dinas Pariwisata Provinsi Riau. Terkejut dan merasa senang setelah mengetahui karyanya menjadi foto terbaik perjalanan dunia tahun 2018 yang dirilis CNN Travel.

"Saya terkejut dan bangga, rasa-rasanya tidak percaya foto itu bisa menjadi foto perjalanan terbaik tahun 2018," kata Afrianto di Pekanbaru, Kamis (4/4/2018) pagi.

Dijelaskannya, Foto tersebut diambil beberapa bulan lalu. Sebagaimana diketahui, perayaan pergantian tahun imlek di Pekanbaru merupakan perayaan besar bagi warga etnis Tionghoa yang dimeriahkan dengan pesta kembang api dan menyuguhkan berbagai atraksi panggung hiburan.

"Lokasi tempat perayaan imlek di jalan karet memang sangat ideal untuk kegiatan fotografi, gemerlap tata cahaya lampion di perkampungan Cina itu membuat kesan artistik tersendiri. Banyak warga Pekanbaru yang datang untuk berswafoto," tuturnya.(TR/MCR)