Sabtu, 23 September 2017

Legislator Riau Ingatkan KPU Netral Dalam Pilkada Serentak

 

Pekanbaru, TOPRIAU - 9 Desember 2015, sembilan kabupaten dan kota di Riau akan menggelar Pilkada serentak. DPRD Riau mengajak seluruh warga yang sudah terdapat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) mencoblos kandidat yang didukungnya.

Sembilan daerah yang akan menggelar Pilkada serentak di Riau tersebut adalah kabupaten Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Siak, Pelalawan, Kuansing, Indragiri Hulu, Kepulauan Meranti dan Kota Dumai.

"Kita berharap kepada masyarakat ikut berpartisipasi aktif pada Pilkada. Dan kandidat yang ikut dalam proses Pilkada hendaknya menjaga situasi yang aman dan kondusip sehingga pelaksanaan Pilkada nanti berjalan aman dan lancar," kata Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Sunaryo, Senin (7/12).

Lebih lanjut disampaikannya, suara masyarakat sangat menentukan keberhasilan pembangunan nanti di masing-masing daerah. "Siapa yang akan dipilih tentunya kita serahkan kepada masyarakat. Karena waktu kesiapa dari masing-masing calon itu sudah disampaikan, tinggal masyarakat yang menentukan. Siapa pun yang terpilih itulah yang terbaik, mudah-mudahan bisa menjalankan amanah masyarakat," paparnya.

Sunaryo menambahkan, selama ini para kandidat telah melakukan proses yang panjang untuk sampai ke tahap pemilihan. Untuk itu, bagi yang kalah diharapkan tidak melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri dan menerima kekalahan ini tanpa melakukan konflik. Karena konflik dapat merugikan orang banyak.

"Pada Pilkada besok, mari kita sama-sama mensukseskannya dengan baik. Kepada masyarakat supaya dapat beramai ramai datang ke TPS untuk memberikan hak suara. Sementara kepada pasangan calon harus siap menerima hasil pemilihan dengan ikhlas dan berjiwa besar," ujarnya.

Sementara itu Anggota Komisi A DPRD Provinsi Riau Taufik Arrakhman mengharapkan pada Pilkada serentak dapat berjalan sesuai dengan diharapkan. Sehingga pasangan calon kepala daerah terpilih dapat melanjutkan pembangunan daerah dengan baik untuk lima tahun ke depan.

"Kita optimis KPU juga bekerja dengan baik. Saya yakin tidak ada yang berpihak pada salah satu pasangan calon untuk berupaya memenangkannya. Karena bukan zamannya lagi KPU mendukung salah satu calo. KPU itu harus bersikap independen," tegasnya. TR