Sabtu, 23 September 2017

DPRD Riau-Pemprov Sepakat 32 Ranperda di Prolegda 2016

 


Pekanbaru, TOPRIAU - DPRD Riau dan Pemerintah Provinsi Riau sepakati 32 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) untuk dilakukan pembahasan bersama dijadikan Peraturan Daerah (Perda) di tahun 2016 mendatang. Ke 32 Ranperda tersebut sudah dimasukkan dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) DPRD Riau.

Kepastian ini disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Riau, Manahara Manurung dalam salah satu kegiatan di Rapat Paripurna yang dipimpinya. Disampaikannya, Ranperda yang jadi agenda ditahun 2016 tersebut terdiri dari 16 Ranperda merupakan usulan dari DPRD Riau dan 16 lagi merupakan usulan dari Pihak Gubernur Riau.

Salah satu Ranperda usulan atau prakarsa dari DPRD Riau adalah Perubahan Tata Tertib Anggota DPRD Riau, Pedoman Pendirian  Pelayanan Kesehatan Swasta, Pola Kerja Sama Pemerintah dengan Swasta dalam Pembangunan Wilayah, Tata Kelola dan Pendirian Pembangunan Pekan Sikawan dan lainnya.

Sementara Ranperda yang dari usulan Gubri diantaranya adalah Perlindungan Perempan Korban Kekerasan, Pengelolaan Zakat, RPJMD Provinsi Riau tahun 2014-2019. "Kita berharap apa yang sudah diprogramkan akan dapat terealisisasi sesuai dengan harapan", sebutnya.

Tiga Perda DisahkanSementara itu jelang berakhirnya tahun 2015, DPRD Riau sahkan tiga Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Perda dalam rapat paripurna DPRD Riau di ruang paripurna, Senin (21/12).

Ketiga Raperda tersebut yakni, Sistem Pemberian Bantuan Pendidikan, Perlindungan dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Daerah Provinsi Riau serta Pemanfaatan Alat Bantu Produksi Lokal Bagi Usaha Bidang Perekonomian. TR