Jumat, 17 November 2017

Berakhir Imbang, Pemungutan Suaru Wakil Gubernur Riau Terpaksa Diulang

TOPRIIAU, PEKANBARU - Pemilihan Wakil Kepala Daerah Provinsi Riau yang dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau telah dilaksanakan secara baik. Pemilihan yang dilakukan dengan cara voting oleh 62 anggota Dewan dan di pimpinan langsung oleh Panitia Pemilihan Wakil Gubernur Riau (Panlih)

Masing-masing anggota DPRD Provinsi Riau memberikan hak suaranya untuk memilih wakil gubernur Riau sebagai pendamping Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dalam masa jabatan 2014-2019 mendatang.

Saat pemilihan Wakil Kepala Daerah Provinsi Riau, dalam penghitungannya suara terjadi kesamaan jumlah Suara. Dari masing-masing calon Wakil Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim mendapatkan 31 suara dan Ruspan Aman mendapat 31 suara dari 62 anggota DPRD Provinsi Riau yang melakukan pemilihan.

Namun setalah dilakukan proses pemilihan dan penghitungan suara oleh Panlih DPRD Provinsi Riau, terjadi kesamaan jumlah Suara sah. Suasana sidang Paripurna DPRD Provinsi Riau menjadi heboh ketikan diketahui jumlah suara pemilihan Wakil Gubernur Riau.

Dengan demikian, sidang pemilihan Wakil Kepala Daerah Provinsi Riau masa jabatan tahun 2014-2019 diambil alih oleh ketua Panlih DPRD Provinsi Riau. Pilihan wakil gubernur Riau akan dilakukan pemilihan ulang.

"Sesuai tata tertib, tentang pemilihan wakil gubernur Riau, Dalam hasil penghitungan suara terdapat kesamaan akan dilakukan penghitungan suara ulang 2 jam sejak pemilihan suara pertama," kata Aherson Ketua Panlih DPRD Provinsi Riau. Selasa (25/4)

Sebelumnya sidang Paripurna DPRD Provinsi Riau dalam hal pemilihan Wakil Kepala Daerah Provinsi Riau dibuka oleh Ketua DPRD Provinsi Riau dan ketiga Wakil DPRD Provinsi Riau dan di hadiri oleh Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman Hingga Kedua calon Wakil Gubernur Riau. (TR/GP)