Sabtu, 23 September 2017

SK Pengaktifan, Suparman Segera Aktif Jadi Bupati Rohul

TOPRIAU,PEKANBARU - Akhirnya Menteri Dalam Negeri (Mandagri)  Tjahjo Kumolo mengeluarkan SK pengaktifan kembali Suparman sebagai Bupati Rokan Hulu (Rohul) setelah dinonaktifkan pasca ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK beberapa waktu lalu.

Hal tersebut di sampaikan Dirjen Otda Kementerian Dalam Negeri, Sumarsono menjelaskan, kepastian keluarnya SK pengaktifan tersebut terkait pengaktifan Suparman Kembali sebagai Bupati Rokan Hulu.

"Betul, SK-nya sudah keluar dan bisa diambil Pemprov Riau dan diserahkan ke Bupati oleh Gubernur atau yang mewakili," kata Sumarsono. Rabu (17/5) dikutip dari riauterkini.com

Ia menjelaskan, pihaknya menunggu Pemprov Riau untuk mengambil SK pengaktifan Suparman tersebut di Kemendagri. "Kita nunggu orang Pemprov Riau untuk mengambil SK tersebut. Lebih cepat tentu lebih baik," ungkapnya.

Untuk di ketahui, Suparman menjadi terdakwa kasus dugaan korupsi Pembahasan ‎Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2014 dan APBD tahun 2015. Dimana Suparman divonis bebas oleh Pengadilan Tipikor Pekanbaru.

Sebelumnya, Suparman dituntut 4,5 tahun penjara dan denda Rp200 juta. Kasus yang menjerat Suparman merupakan perkembangan kasus yang juga telah menyeret mantan Gubernur Riau Annas Maamun dan mantan anggota DPRD Riau Ahmad Kirjauhari. Suparman dan Johar diduga juga turut menerima suap hingga Rp 900 juta.

sementara itu, KPK berjanji akan memberitahu kejanggalan itu ke Mahkamah Agung (MA) melalui kasasi. Mulai dari dakwaan Suparman yang diperkuat oleh putusan terdakwa sebelumnya.‎ (TP)