Jumat, 22 November 2019

Sering Langka, Komisi VII DPR RI Minta Pertamina Jelaskan Kondisi Kuota LPG 3kg

TOPRIAU, PEKANBARU - Sering terjadinya kelangkaan gas LPG3 kilogram (kg) yang membuat masyarakat Riau kesulitan untuk mendapatkannya menjadi salah satu bahan bagi Pemprov Riau dan Legislator RI dari Komisi VII untuk menanyakannya ke Pertamina.

Hal itu terungkap dalam reses kalangan legislator pusat di Pekanbaru, Masa Persidangan I Tahun Sidang 2018-2019, Kamis (01/11/2018).

"Pihak Pertamina diminta betul untuk menjelaskan berapa sebenarnya kuota untuk Riau," kata Ketua Komisi VII DPR RI sekaligus jadi Ketua Rombongan, M. Nasir.

Pihak Pemprov Riau diwakili oleh Sekdaprov, Ahmad Hijazi dan di dampingi oleh beberapa orang Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berlangsubg di Ruang Melati, kantor Gubernur Riau.

Direktur Pemasaran Corporate Pertamina, Basuki Trikora Putra menjelaskan, keberadaan gas LPG 3 kg di Riau tidak ada masalah, kebutuhan terpenuhi dengan baik.

"Kuota untuk Riau di tahun 2018 adalah 36 juta kilogram. Hingga September sudah disalurkan sebanyak 99.282 kg diharapkan hingga Desember sudah tersalurkan semua sesuai kuota yang ditetapkan pusat," kata dia.

Mengenai masalah kuota gas LPG 3 kg, lanjut dia, sesunguhnya juga tidak tetap dan fleksibel, srtinya didalam perjalanan tahun seandainya terjadi kekurangan di tengah masyarakat, pihak Pertamina bisa melakukan penambahan pasokan sesuai kebutuhan.

"Pasokan untuk Riau tercukupi sesusi kuota yang diberikan," katanya lagi. (TR/MCR)