Jumat, 22 November 2019

Tim Kukerta Tematik UNRI Kampung Empang Pandan Sosialisasikan Sawo Sebagai Bahan Dasar Dodol

TOPRIAU, PEKANBARU-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Tematik Universitas Riau (UNRI) Kampung Empang Pandan, Kecamatan Koto Gasib, Kabupaten Siak mengadakan acara Sosialisasi Pembuatan Dodol berbahan dasar Sawo,

Sosialisasi yang diadakan di Balai Kampung Empang Pandan Rabu (07/08/2019) lalu, dihadiri oleh Ketua PKK Kampung Empang Pandan beserta anggotanya, dan masyarakat setempat. Tidak hanya menyampaikan sosialisasi, mahasiswa Kukerta Tematik Universitas Riau juga menjelaskan cara membuat Dodol Sawo melalui tayangan sebuah video.

Acara ini disambut antusias oleh masyarakat setempat. Hampir seluruh peserta yang mengikuti sosialisasi ini mencatat materi yang disampaikan dan meminta softfile yang ditampilkan.

Koordinator Desa (Kordes) Kukerta Tematik Universitas Riau Kampung Empang Pandan, Rage Aprianto menuturkan bahwa acara ini diadakan karena melihat Sawo adalah tanaman yang banyak tersebar di Kampung ini. Selain itu, ini juga merupakan bentuk pengabdian sekaligus salah satu program kerja unggulan dari mahasiswa Kukerta Tematik Universitas Riau.

“Kami melihat bahwa Sawo adalah tanaman yang banyak tersebar di Kampung ini. Namun sayangnya, banyak sawo yang terbuang dikarenakan warga belum mengetahui bahwa Sawo memiliki nilai jual yang tinggi jika dijadikan sebuah produk. Oleh karena itu, kami berinisiatif memanfaatkan buah Sawo yang ada di Kampung ini. Salah satunya dengan mengadakan sosialisasi pembuatan dodol berbahan dasar buah Sawo.”  ujar Rage.

Rage juga menambahkan bahwa dodol Sawo tersebut sangat cocok dikembangkan di Kampung Empang Pandan. Selain pembuatannya yang sangat praktis, Sawo juga merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan mudah ditemukan di Kampung ini.

Ketua PKK Kampung Empang Pandan turut memberikan apresiasi atas terselenggaranya sosialisasi yang ditaja oleh tim Kukerta Tematik Universitas Riau. Menurutnya, sosialisasi ini sangat penting bagi masyarakat dalam meningkatkan perekonomian Kampung Empang Pandan. (TR/rls)