Firdaus-Rusli; Programkan Pendidikan Dasar Gratis Hingga S2 dan S3 ke Luar Negeri

TOPRIAU,PERAWANG - Pasangan Calon Gubernur Riau (Cagubri) no urut 3 Dr.Firdaus.MT - Rusli Effendi, tidak hanya komit pada pembangunan infrastruktur dan perekonomian di provinsi Riau. Akan tetapi juga komit dalam mendukung upaya peningkatan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM).

 

Selain itu, dalam program jangka pendek yang ditawarkan, Firdaus - Rusli sudah mematok program Pendidikan Menengah Atas (SMA dan SMK) gratis tanpa dipungut diaya apapun.

 

''Kita sudah programkan, pendidikan tingkat SMA dan SMK gratis. Kita juga koordinasikan dengan seluruh kabupaten dan kota agar pendidikan dasar dan SMP bisa gratis,'' kata Firdaus saat kampanye di Perawang.

 

Selanjutnya, di tingkat Sekolah Dasar  (SD) dan SMP, saat ini kewenangannya ada pada pemerintah kabupaten dan kota. Akan tetapi untuk SMA dan SMK, karena kewenangannya ada pada provinsi, akan dikoordinasikan dalam jangka pendek untuk diprogramkan gratis.

 

Sementara itu, untuk jangka panjang, secara bertahap, dalam 5 tahun kedepan pihaknya juga akan merancang program beasiswa bagi mahasiswa Riau yang kuliah S2 dan S3.

 

''Totalnya selama 5 tahun itu, harus ada 1.000 mahasiswa Riau yang kita biayai untuk pendidikan S2 dan S3. Kita sekolahkan hingga ke luar negeri dan diharapkan ketika pulang bisa menjadi motor untuk membangun kampung halamannya,'' harap Firdaus.

 

Dijelaskan Firdaus, bukan tanpa alasan. Mengingat pemerintah mempunyai kewajiban penuh untuk mempersiapkan SDM yang handal dalam mengisi pembangunan di daerah sendiri. ''Tidak mungkin pemuda pemudi kita di riau menjadi penonton atau tidak bisa bekerja karena tidak mempunyai pendidikan dan dianggap tidak punya daya saing,'' ujarnya lagi.

 

Untuk mendukung itu juga, Firdaus mengungkapkan ada beberapa agenda pemberdayaan SDM di Riau yang sudah diprogramnya, termasuk diantaranya menyediakan prasarana Balai Latihan Kerja (BLK) dan banyak jenis keterampilan disediakan. Tentunya, diharapkan juga dalam jangka pendek bisa mengangkat kreativitas keterampilan warga yang bisa menunjang peningkatan kesejahteraan keluarga. (TR/Rls)