Selasa, 21 Agustus 2018

Antisipasi Pungli, Disdik Pekanbaru Buka Posko Pengaduan

TOPRIAU, PEKANBARU -- Guna meminimalisir terjadinya  Pungutan Liar (Pungli) saat Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Ajaran Baru 2018-2019, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru membuka posko pengaduan bagi warga khususnya orang tua siswa.

Kepala Disdik Kota Pekanbaru, Abdul Jamal mengatakan posko pengaduan di buka selama pendaftaran PPDB baik di tingkat SD maupun SMP Negeri di Pekanbaru yakni tanggal 2 hingga 4 Juli mendatang.

"Langkah yang kami lakukan ini untuk meminimalisir aksi pungli di sekolahan. Selain itu,  kami juga sudah minta agar panitia pendaftaran wajib mengumumkan siswa yang diterima melalui sistem online agar masyarakat bisa lebih  cepat mengaksesnya," ungkap Jamal, Rabu (23/5).

Dikatakan Jamal, keberadaan posko pengaduan tersebut sebagai jembatan untuk mengetahui masalah yang dihadapi dalam penerimaan murid baru. 

Pada prinsipnya, bahwa keberadaan posko itu sebagai pengawasan bagi sekolah dalam penerimaan murid baru.

"Punggutan yang tidak wajar oleh pimpinan sekolah harus dilaporkan ke posko dan ditindaklanjuti untuk diproses. Kepada para orang tua diimbau agar tidak takut melaporkan masalah bila ada pungutan tersebut dan kerahasiaannya akan dijamin," sebut Jamal. (Kominfo

)