Sabtu, 22 September 2018

MAN 2 Model Pekanbaru Menuju OSN di Sumbar

TOPRIAU.COM, PEKANBARU - Sebanyak 10 siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Pekanbaru siap berlaga pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang akan dilaksanakan di Padang Sumatera Barat pada 1 – 7 Juli 2018. Siswa MAN 2 Pekanbaru akan mengikuti 6 mata perlajaran dari 9 yang diperlombakan dalam OSN yaitu Ekonomi, Geografi, Astronomi, Kebumian, Biologi dan Fisika.

Terhadap prestasi 10 siswa MAN 2 Model Pekanbaru yang berhasil melaju ke OSN 2018, Kakanwil Kemenag Riau Drs H Ahmad Supardi MA, Jumat (29/6/2018) memberikan apresiasi yang sangat tinggi. Karena hal tersebut membuktikan, bahwa siswa madrasah Riau memiliki kualitas yang tidak kalah dengan sekolah umum lainnya.

Usai melepas 10 Siswa MAN 2 yang akan berangkat ke Padang, Ahmad Supardi menitipkan beberapa pesan, yaitu anak- anak hendaknya menjadikan ajang perlombaan sebagai bagian dari dari ibadah, bahwa perlombaan yang diikuti dalam rangka fastabiqul khairat sekaligus menimbah ilmu pengetahuan dan pengalaman dan berbagai bidang ilmu yang sebelumnya telah digali oleh para ulama terdahulu.

Membawa nama baik Provinsi Riau, untuk itu para siswa hendaknya tampil secara maksimal sehingga bisa memberikan hasil yang terbaik. “Tahun lalu kita sebagai tuan rumah, kita berhasil meriah piala perunggu pada ajang OSN, untuk itu, tahun 2018 di Padang, hendaknya prestasi kita juga jauh lebih meningkat, apalagi jumlah peserta kita yang ikut OSN juga meningkat dari tahun sebelumnya,” harapnya.

Ketiga, dorongan atau motivasi bagi siswa madrasah lain, karena prestasi siswa madrasah saat ini tidak tertinggal dari prestasi siswa sekolah lain.

“Selamat bertanding, semoga mendapatkan prestasi yang terbaik, dan ucapan terimakasih kepada guru dan pembimbing yang telah mengarahkan para siswa madrasah untuk menjadi lebih baik dan berkualitas,” ungkap Kakanwil bangga.

Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Riau, H Asmuni MA, usai acara pelepasan 10 siswa MAN 2 Pekanbaru ke ajang OSN di Padang, ia berharap agar siswa madrasah dapat menunjukkan prestasinya diajang nasional dan mengharumkan nama baik Provinsi Riau.

“Ini adalah pengembangan ilmu pengetahuan yang dahulunya berasal dari Dunia Islam, untuk itu kita harus kembali menelaah, memperkenalkan dan mempelajari ilmu- ilmu tersebut. Dan ajang nasional ini merupakan prestasi yang luar biasa dan kami terus mendukung dan mendoakan yang terbaik bagi anak- anak kami,” ungkapnya.

Kepala MAN 2 Model Pekanbaru, Norerlinda M Pd, mengatakan, prestasi siswa MAN 2 Model Pekanbaru pada tahun 2018 mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan tahun 2017. Jika tahun 2017, hanya mengirim 2 orang siswa pada ajang OSN sementara pada tahun 2018 berhasil maju sebanyak 10 orang siswa.

“Besar harapan kita tahun ini anak- anak kita bisa mengukir prestasi yang lebih baik, jika tahun lalu hanya meraih perunggu pada bidang ekonomi, tahun ini tentu kita berharap dapat meraih medali emas. Tentunya dengan melakukan berbagai persiapan dan pendampingan, bukan hanya dengan guru atau pendamping di Madrasah tapi juga kita datangkan dari luar,” ungkapnya.

Shania Rahmi Siswa Kelas XI salah seorang peserta OSN Bidang Ekonomi menuturkan, untuk persiapan ia telah menerima berbagai bimbingan dan pembelajaran baik dari madrasah maupun dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

“Berdasarkan pengalaman tahun 2017 ada beberapa hal yang harus menjadi focus perhatian, khsusunya soft skill dan penguasaan bidang lainnya. Kalau dibidang ekonomi harus memperhatikan teknik mengetik dan penguasaan bahan. Semoga kami bisa tampil lebih baik pada tahun ini,” harapnya. Rls